Layani Angkutan Lebaran Perdana, Bandara Kertajati Angkut 1.900 Orang per Hari

[dok. PT Angkasa Pura II]
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta - Executive General Manager Bandara Kertajati, Nuril Huda, mengatakan antusias masyarakat Jawa Barat sangat tinggi untuk melakukan perjalanan udara di Bandara Kertajati, pada masa angkutan Lebaran 2024.

Bandara Kansai Berhasil Cetak Rekor 30 Tahun Tanpa Kasus Kehilangan Bagasi

Apalagi, tahun ini merupakan perdana bagi Bandara Kertajati dalam melayani angkutan lebaran, sejak beroperasi penuh pada Oktober tahun 2023.

"Kami telah mempersiapkan infrastruktur, fasilitas serta personel, agar angkutan lebaran dapat berjalan lancar di Bandara Kertajati dengan memperhatikan aspek keselamatan, keamanan, dan pelayanan,” kata Nuril dalam keterangannya, Selasa, 9 April 2024.

Pelari Berbagai Kota Jawa Barat Lari Ratusan Kilometer Dukung Bima Arya Maju Pilgub

Pada periode angkutan lebaran 2024, jumlah penumpang pesawat di Bandara Kertajati pada 3 April (H-7) hingga 7 April (H-3) tercatat sebanyak 9.692 orang. Jumlah penumpang tertinggi berada pada puncak arus mudik tanggal 6 April atau H-4, yakni sebanyak 2.386 orang.

"Sementara itu untuk pergerakan pesawat pada H-7 hingga H-3 tercatat mencapai 86 penerbangan," ujar Nuril.

Buka MTQ ke-38 Jabar, Pj Gubernur Bey: Simbol Kecintaan Umat Islam Terhadap Alquran

Dia menjelaskan, pada 3-7 April 2024, jumlah penumpang mencapai 9.692 orang atau rata-rata 1.900 orang per hari. Nuril mengakui, capaian ini merupakan jumlah yang cukup tinggi, karena rata-rata penumpang pada hari biasa berkisar antara 1.000-1.300 orang per hari.

Dia menuturkan, peningkatan penumpang pesawat dapat dikelola dengan baik berkat kolaborasi di antara stakeholder. Bahkan, pihaknya pun berterima kasih kepada seluruh stakeholder terkait.

Antara lain maskapai, ground handling, AirNav Indonesia, serta dukungan dari Pemprov Jawa Barat, Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN, dan para stakeholder terkait lainnya.

"Sehingga Bandara Kertajati dapat memberikan pelayanan yang baik bagi masyarakat dalam arus mudik ini," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya