Tercatat 530.400 Orang dan 125.234 Kendaraan Tinggalkan Jawa Menuju Sumatera

Arus Mudik di Pelabuhan Merak dan Pelabuhan Ciwandan
Sumber :
  • BKIP Kemenhub

Jakarta - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) melaporkan, memasuki H-2 Lebaran, trafik penumpang dan kendaraan di Pelabuhan Merak masih ramai mengalir pada Senin, 8 April 2024.

Bandara Kansai Berhasil Cetak Rekor 30 Tahun Tanpa Kasus Kehilangan Bagasi

Corporate Secretary ASDP, Shelvy Arifin menyampaikan, total penumpang yang menyeberang dari Merak-Bakauheni hingga H-2 tercatat 530.400 orang, atau naik 4 persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu yang sebanyak 510.163 orang.

"Sementara untuk total kendaraan yang telah menyeberang tercatat 125.234 unit, atau naik 12 persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 111.706 unit," kata Shelvy dalam keterangannya, Selasa, 9 April 2024.

Viral Video Aksi Maling Curi Spion Mobil, Ada Cara Mencegahnya

Pelabuhan Merak

Photo :
  • Kementerian Perhubungan

Karenanya, Dia pun mengimbau kepada seluruh masyarakat yang hendak menyeberang, khususnya dari Merak menuju Bakauheni atau sebaliknya. Yakni untuk melakukan reservasi tiket dari jauh-jauh hari, karena tiket ferry memiliki batas kuota.

Viral Keributan Avsec dengan Penumpang di Bandara Soetta, Ini Penjelasan AP II

"Apalagi saat peak season seperti Lebaran saat ini. Terkini, kembali kami infokan bahwa tiket ferry telah terjual hingga jadwal 9 April 2024. Tiket dapat dibeli untuk jadwal 10 April 2024," ujarnya.

Ia tidak menafikan jika layanan Angkutan Lebaran tahun ini terjadi dinamika pelayanan, seiring tingginya antusiasme masyarakat yang melakukan perjalanan mudik dengan kapal ferry. Seluruh pemudik yang telah tiba di tempat tujuan agar mengatur waktu perjalanan pulang sejak jauh hari, dan menghindari kepulangan pada masa puncak arus balik.

"Tiket ferry sudah dapat dibeli H-60, maka pastikan Anda beli tiket di aplikasi Ferizy dan segera reservasi tiket pulang (arus balik) supaya tidak kehabisan kuota. Maka mohon kerja sama Anda untuk menghindari pembelian di calo, dan pastikan datang ke pelabuhan sesuai jadwal yang tertera di tiket," ujarnya.

Diketahui, jumlah penumpang ferry Angkutan Lebaran tahun ini diperkirakan mencapai 5,78 juta penumpang dan 1,37 juta unit kendaraan, di 8 lintasan terpantau Nasional yang berada dibawah koordinasi 9 Cabang ASDP.

Pemudik Pejalan Kaki di Pelabuhan Merak

Photo :
  • VIVA.co.id/Yandi Deslatama (Serang)

Berdasarkan data Posko Merak selama 24 jam (periode 07 April 2024 hingga pukul 23.59 WIB) atau H-3, tercatat jumlah kapal yang beroperasi sebanyak 47 unit kapal. Sementara realisasi total penumpang yang menyeberang dari Merak ke Bakauheni mencapai 167.701 orang, atau naik 5 persen dibandingkan realisasi periode yang sama tahun lalu sebanyak 159.413 orang.

Hal itu diikuti total seluruh kendaraan sebanyak 42.145 unit yang telah menyeberang dari Merak ke Bakauheni pada H-3, atau naik 17 persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 35.970 unit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya