Pemerintah: Idul Fitri 1 Syawal 1445 H Jatuh pada Rabu 10 April 2024

Sidang Isbat Penetapan Idul Fitri 1 Syawal 1445 H
Sumber :
  • VIVA/Zendy Pradana

Jakarta – Pemerintah melalui Kementerian Agama mengumumkan penetapan Hari Raya Idul Fitri atau 1 Syawal 1445 H jatuh pada hari Rabu, 10 April 2024. Keputusan itu didapat dari hasil sidang Isbat, yang digelar di Kantor Kemenag RI, Jalan MH Thamrin, Jakarta pada Selasa, 9 April 2024.

Gandeng IEP, Kemenag Buka Peluang Sinergi dengan Perguruan Tinggi Amerika

Sidang Isbat tersebut juga turut dihadiri oleh sejumlah perwakilan organisasi kemasyarakatan (ormas) Islam, serta sejumlah duta besar dari negara-negara sahabat.

"Disepakati bahwa satu syawal tahun 1445 H jatuh pada hari rabu tanggal 10 april," ujar Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yaqut di Jakarta Pusat, Selasa 9 April.

Bertemu Majelis Masyayikh, Menag Bahas Rekognisi Santri dan Ma’had Aly

Pemantauan Hilal Untuk Menentukan Awal Puasa Ramadhan. (ilustrasi)

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Gus Yaqut menjelaskan bahwa penetapan 1 Syawal 1445 H itu sudah dilihat melalui sejumlah titik hilal di sejumlah wilayah Indonesia.

Kemenag Pastikan 75.572 Visa Jemaah Haji Reguler Indonesia Sudah Terbit

Sebelumnya diberitakan,  Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir memprediksi jika penetapan 1 Syawal 1445 H antara Muhammadiyah dengan pemerintah akan jatuh di tanggal yang sama. Haedar memprediksi hari raya bakal dilaksanakan serempak pada Rabu 10 April 2024.

"Untuk Idulfitri (2024), dari hasil kajian dan pengumpulan informasi, sama. Jadi kemungkinan berbeda itu tipis," ucap Haedar di UNY, Kamis 21 Maret 2024.

Sementara itu, Arab Saudi juga mengumumkan Idul Fitri 1445 Hijriah/2024 jatuh pada Rabu, 10 April 2024. Keputusan itu ditetapkan Mahkamah Agung Arab Saudi setelah hilal Syawal tidak terlihat pada Senin malam, 29 Ramadhan.

Ilustrasi pengamatan hilal/bulan dalam kalender hijriah.

Photo :
  • Bulan Sabit atau Hilal

Menurut Mahkamah, hari Selasa, 9 April 2024, akan menjadi hari terakhir bulan suci 1445 Hijriah, dan perayaan Idul Fitri akan dimulai pada Rabu, 10 April, seperti dilansir Arab News.

Salat Idul Fitri akan dilaksanakan di seluruh Kerajaan pada hari Rabu, tak lama setelah matahari terbit, dengan pengaturan menyeluruh dibuat untuk mengakomodasi jamaah salat Idul Fitri tahunan.

Menteri Urusan Islam, Dakwah, dan Bimbingan Saudi Syekh Abdullatif Al-Asheikh baru-baru ini mengeluarkan arahan untuk mengadakan salat Idul Fitri 15 menit setelah matahari terbit, sesuai dengan kalender Umm Al-Qura.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya