Kemenag: Secara Hisab, 1 Syawal 1445 H Jatuh pada Rabu 10 April Besok

Ilustrasi pengamatan hilal/bulan dalam kalender hijriah.
Sumber :
  • Bulan Sabit atau Hilal

Jakarta – Tim Rukyatul Hilal di sejumlah Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) turut melaporkan kondisi terkini ketinggian hilal pada 127 titik di Indonesia. Laporan tersebut dilakukan Kemenag pada Selasa 9 April 2024 sore.

Menag Yaqut: Haji 2024 Jadi yang Terbaik Sepanjang Kepemimpinan Presiden Jokowi

Kemudian, Kemenag RI melalui seminarnya untuk Kanwil Kemenag RI terkait dengan sidang isbat penetapan 1 Syawal melaporkan bahwa posisi hilal berada pada posisi tiga derajat.

"Berdasar Kriteria MABIMS (3-6,4) 29 Ramadan 1445 H/9 April 2024 M posisi hilal di seluruh wilayah NKRI sudah masuk kriteria minimum tinggi hilal 3° dan elongasi 6,4°, sehingga tanggal 1 Syawal 1445 H secara hisab jatuh bertepatan dengan hari Rabu Pahing, tanggal 10 April 2024 M," ujar Anggota Tim Hisab Kemenag Cecep Nurwendaya di Jakarta Pusat, Selasa 9 April.

Meriah, Puluhan Ribu Jemaah Saksikan Peragaan Batik dan Launching Senam Haji Indonesia

Pemantauan hilal.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Prediksi 1 Syawal 1445 H 

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

Wakil Menteri Agama (Wamenag) Saiful Rahmat memprediksi bahwa Hari raya Idul Fitri 1445 H atau Hari Raya Lebaran Tahun 2024 akan jatuh pada Rabu 10 April 2024.

Ia menyebut bahwa prediksi itu merujuk pada kriteria hilal yang disepakati Menteri Agama Brunnei Darussalam, Indonesia, Malaysia dan Singapura (MABIMS).

"Yaitu tinggi hilal 3 derajat dan elongasi sebesar 4 derajat. Jadi diprediksi kita akan menyelenggarakan salat Idul Fitri pada esok tanggal 10 April 2024, bertepatan dengan 1 Syawal 1445 Hijriah," ujar Saiful kepada wartawan, Selasa 9 April 2024.

Wamenag RI Saiful Rahmat Dasuki

Photo :
  • Istimewa

Saiful memastikan jika Satu Syawal jatuh pada Rabu besok, pemerintah sudah menyiapkan penyelenggaraan Salat Ied di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat.

"Terkait dengan kegiatan besok, jika ini memang jatuh pada satu Syawal besok kita sudah mempersiapkan penyelenggaraan salat ied di Masjid Istiqlal," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya