Kemenhub Tambah Kapal di Rute Panjang-Ciwandan Demi Urai Arus Balik Mudik, Catat Jadwalnya!

[dok. Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub]
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta - Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut mengerahkan bantuan armada kapal negara dan swasta dengan rute Panjang-Ciwandan. Upaya itu untuk membantu mengurai kepadatan lalu lintas pada arus balik mudik Lebaran 2024 di ruas penyeberangan Bakaheuni-Merak.

Kemenhub Tegur dan Tindak Tegas Garuda Indonesia untuk Perbaiki Layanan Haji 2024

Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Capt. Antoni Arif Priadi menuturkan, mulai tanggal 12-18 April 2024, masyarakat bisa memanfaatkan bantuan armada kapal kenavigasian KN. Edam dan kapal patroli KPLP KN. Trisula, di ruas penyeberangan Panjang-Ciwandan.

"Tidak hanya itu, kami juga menyediakan armada kapal KMP Panorama Nusantara, KMP ALS Elvina, dan KMP Amadea yang akan beroperasi di ruas yang sama selama periode yang sama," kata Antoni dalam keterangannya, Jumat, 12 April 2024.

Ada Libur Waisak, Arus Kendaraan dan Penumpang Penyeberangan Diperdiksi Naik 3 Persen

Arus Mudik di Pelabuhan Merak dan Pelabuhan Ciwandan

Photo :
  • BKIP Kemenhub

Dia menjelaskan, tujuan dari pengerahan armada tambahan ini adalah untuk memastikan kelancaran dan keamanan perjalanan masyarakat selama masa arus balik Lebaran.

Bea Cukai Langsa Bongkar Upaya Penyelundupan Barang Ilegal Senilai 3,6 Miliar Rupiah

"Kami mengajak seluruh masyarakat untuk memanfaatkan layanan ini dengan tertib dan mematuhi aturan yang berlaku. Kami siap untuk memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh pengguna jasa angkutan laut," ujar Antoni.

Selain itu, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut juga telah berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait, untuk memastikan kelancaran operasional armada tambahan ini.

Kemudian, Antoni juga mengingatkan kepada masyarakat, untuk memperhatikan keselamatan selama berkendara.

"Direktorat Jenderal Perhubungan Laut berharap dengan langkah ini, masyarakat dapat merasakan manfaatnya dalam mengurangi kepadatan lalu lintas dan menjadikan perjalanan selama arus balik Lebaran lebih selamat aman dan nyaman bagi semua pihak yang terlibat," ujarnya.

Berikut adalah jadwal bantuan armada kapal yang telah ditetapkan, yakni:

- 12 April 2024: KMP Panorama Nusantara dan KMP ALS Elvina

- 13-18 April 2024: KMP Panorama Nusantara, KMP ALS Elvina, dan KMP Amadea

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya