1 Juta Kendaraan Diprediksi Balik Jakarta, Polda Metro Siapkan Strategi Agar Tidak Macet

Pemudik saat meninggalkan Jakarta lewat Gerbang Tol Cikampek Utama
Sumber :
  • Dok. Jasa Marga

Jakarta - Polda Metro Jaya menyiapkan sejumlah strategi untuk menghadapi kemacetan saat arus balik Lebaran Idul Fitri 2024. Angka pengendara yang kembali ke Jakarta diprediksi mencapai lebih dari 1 juta kendaraan.

Followers TikToker Gali Loss Melejit Buntut Konten Hewan Ngaji, Polisi: Dia Tak Berpikir Panjang

"Kita sudah mempersiapkan juga untuk arus balik, karena kita telah meminta data saudara kita keluar dari Jabodetabek itu ada 1.035.000 juta sekian kendaraan yang keluar," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi M. Latif Usman, Jumat 12 April 2024.

Dia menyebut, untuk strategi pertama adalah mengimbau pemudik mengatur jadwal kepulangan ke Jakarta. "Jangan sampai kehabisan bensin, dan kendaraannya tidak siap. Ini kita betul-betul mengimbau dari sekarang," jelas Kombes Latif.

Akun TikTok Disita, Polisi Pastikan Galih Loss Belum Dapat Untung dari Kontennya

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman (tengah)

Photo :
  • VIVA/Foe Peace

Lalu, dia menuturkan pihaknya juga bakal melakukan pengalihan di ruas tol. Untuk menghindari penumpukan di simpang susun Cikunir hingga Jorr Utara ke Tanjung Priok, pemudik diharap bisa memakai tol fungsional seperti Tol Cimanggis-Cibitung.

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

"Maka dari itu masyarakat yang akan pulang ke Bogor, Depok, Cibubur, bisa melewati itu (Tol Cimanggis -Cibitung). Tidak melewati ke Cikunir, karena ada waktu tempuh jarak tempuh yang signifikan," lanjutnya.

"Begitu juga yang akan mengarah ke utara, Jakarta Barat, Tangerang silahkan untuk tidak memaksakan harus masuk Tol Dalam Kota tapi lewat Cibitung langsung dengan Semper yaitu Tanjung Priok akan lebih mudah," katanya.

Lebih lanjut, eks Dirlantas Polda Jawa Timur itu mengatakan, bila masih terjadi penumpukan, pihaknya akan melakukan Contraflow di pintul Tol Halim. Menurutnya, upaya contraflow ini sudah biasa dilakukan.

Ia bilang langkah pemberlakuan Contraflow itu nanti mungkin bisa dilakukan sampai depan gedung komplek parlemen DPR dan Slipi.

"Kita akan melakukan Contraflow yaitu dari pintu Tol Halim yang sudah seperti pagi biasa kita laksanakan. Mungkin nanti bisa sampai Slipi ataupun sampai depan Polda Metro Jaya ataupun nanti sampai depan DPR," kata ujar Kombes Latif.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya