Pelni Angkut Gelombang Kedua Arus Balik Lebaran Gratis Sepeda Motor, Bisa Daftar di Tempat

[dok. PT Pelni (Persero)]
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta - PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT Pelni (Persero) bakal memberangkatkan angkutan gratis sepeda motor dari Semarang menuju Jakarta, pada arus balik mudik Lebaran 2024.

Pemotor Mau Terobos Lampu Merah Kepergok Polisi, Endingnya Bikin Tertawa

Keberangkatan arus balik dengan KM Dobonsolo itu akan diberangkatkan pada Sabtu, 13 April dan Senin, 15 April 2024.

[dok. PT Pelni (Persero)]

Photo :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya
Video Aksi Pesepeda Nekat Mau Masuk Jalan Tol, Apakah Boleh?

Kepala Kesekretariatan Perusahaan Pelni, Evan Eryanto mengatakan, pemudik yang sudah melakukan pendaftaran melalui Kemenhub dapat mendatangi Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, untuk melakukan registrasi ulang di tanggal keberangkatan.

"Syaratnya dengan membawa bukti registrasi dan identitas diri dan STNK. Bagi pemudik yang belum mendaftarkan diri, dapat langsung mendatangi pelabuhan atau go-show," kata Evan dalam keterangannya, dikutip Sabtu, 13 April 2024.

Sekarang Diburu Pria, Ternyata Arti Nama Yamaha Mio Bisa Meluluhkan Wanita

Dia berharap, pemudik motor dapat memanfaatkan program mudik gratis ini, untuk mengurangi risiko di perjalanan Data per Jumat, 12 April 2024, jumlah pendaftar arus balik gratis sepeda motor untuk keberangkatan pertama sebanyak 2.362 peserta dengan 1.020 unit motor, dengan kuota 2.400 peserta dan 1.200 unit motor. 

"Sementara untuk keberangkatan kedua telah terdaftar 2.432 peserta dengan 1.008 unit sepeda motor dengan kuota yang sama seperti keberangkatan pertama, dengan lama perjalanan Semarang-Jakarta selama kurang lebih 14 jam," ujarnya.

Kapal Pelni KM Kelud yang digunakan menggelar Kongres XVI GP Ansor 2024

Photo :
  • Gp Ansor

Kedua keberangkatan arus balik akan menggunakan KM Dobonsolo, sebagai kapal penumpang Pelni yang telah dimodifikasi sebagai kapal 3-in-1. Kapal buatan Jerman tahun 1992 ini dapat mengangkut sekaligus penumpang, peti kemas, dan kendaraan roda empat maupun sepeda motor.

Kapal yang sama sebelumnya telah mengangkut pemudik sepeda motor dari Jakarta menuju Semarang pada 5 dan 7 April dengan realisasi total pemudik sebanyak 6.507 peserta.

"Jumlah tersebut masih sedikit di bawah realiasi mudik gratis sepeda motor tahun 2023 yang sebanyak 6.852 peserta," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya