Lokasi Wisata di Jawa Tengah Ramai, Lonjakan Kendaraan Terjadi di Tol Semarang-Solo

Tol Semarang-Solo, Jawa Tengah
Sumber :
  • tvOne/Teguh Joko Sutrisno.

Jakarta - PT Jasamarga Transjawa Tol terus menyiagakan layanan operasional Jalan Tol Semarang-Solo, melalui PT Trans Marga Jateng.

Lonjakan Kasus DBD di Lampung, 1.779 Kasus Terungkap dengan 10 Korban Meninggal

Vice President (VP) Corporate Secretary and Legal PT Jasamarga Transjawa Toll, Ria Marlinda Paallo menjelaskan, hal itu guna menghadapi lonjakan volume lalu lintas kendaraan pada H1 dan H2 Lebaran.

"Di mana sebagian masyarakat memanfaatkan periode libur Idul Fitri 1445 Hijriah untuk bersilaturahmi dan berwisata bersama sanak keluarga," kata Ria dalam keterangannya, Jumat, 12 April 2024.

Bank Sumut Promosikan Pariwisata Danau Toba Melalui Pertemuan BPD se-Indonesia

Dia melaporkan, pada H1 dan H2 Lebaran 2024, terlihat lonjakan volume kendaraan di GT Bawen Jalan Tol Semarang-Solo menuju sejumlah daerah wisata. Misalnya seperti misalnya ke arah Bawen, Ambarawa, Salatiga, Magelang dan sekitarnya.

[dok. PT Jasamarga Transjawa Tol]

Photo :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya
Paket Promo ke Destinasi Wisata Dunia Bisa Dapat Diskon Rp 12 Juta, Simak!

Sementara, daerah tujuan wisata juga terpantau ramai dikunjungi para pengguna jalan, seperti tempat wisata Bandungan, Dusun Semilir Eco Park, Rawa Pening, Kopeng, Dieng, hingga Candi Borobudur.

"Tercatat volume lalu lintas kendaraan di Gerbang Tol Bawen pada H1 dan H2 Lebaran 2024, atau pada tanggal 10-11 April 2024, meningkat sebanyak 32.887 kendaraan atau naik 92,1 persen dari lalu lintas normal yang sebanyak 17.123 kendaran," ujarnya.

Karenanya, guna memperlancar akses menuju destinasi wisata Jawa Tengah pada periode libur H1 dan H2 Lebaran 2024, PT Jasamarga Transjawa Tol terus mengoptimalkan layanan jalan tol di wilayah Jawa Tengah.

Upaya yang dilakukan antara lain yakni: 

1. Bidang Layanan Transaksi

- Menambah petugas on call transaksi, petugas mobile reader dan petugas pengatur antrean di gerbang tol

- Menyediakan titik layanan top up tunai dan uang elektronik 

2. Bidang Layanan Lalu Lintas

- Menyediakan dan menambah jumlah sarana perlengkapan lalu lintas seperti Traffic Cone, Water Barrier, Railing, Perambuan

- Menyiagakan kendaraan dan petugas perambuan

- Menyiapkan VMS Portable

3. Bidang Layanan Pemeliharaan

- Menambah petugas Tim Patching, Tim Rumija dan Tim Siaga Darurat

- Menambah jumlah material coldmix

- Menyediakan pompa genangan air

4. Bidang Layanan Rest Area

- Menyediakan Rest Area Fungsional KM 439A dan 444A

PT Jasamarga Transjawa Tol mengimbau kepada seluruh pengguna jalan agar selalu memastikan kondisi kendaraan dalam keadaan prima, saldo uang elektronik cukup dan mengisi bahan bakar sebelum memulai perjalanan.

"Jika lelah berkendara, istirahat di tempat yang telah disediakan. Tetap berhati-hati dan menaati peraturan yang berlaku di jalan tol," ujarnya.

Sebagai informasi, informasi lalu lintas jalan tol Jasa Marga Group dapat diakses melalui One Call Center 24 jam di nomor 14080 dan aplikasi Travoy 4.2 untuk pengguna iOS dan Android. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya