Tak Banyak Masalah, Kemenag Nilai Proses Persiapan Haji Berjalan Baik

Ribuan Jamaah Haji Lakukan Thawaf
Sumber :
  • Bahauddin Raja Baso/MCH2019

VIVA Nasional – Setelah libur Idul Fitri, Kemenag melanjutkan persiapan operasional haji 1445 H/2024 M. Irjen Kemenag Faisal Ali Hasyim menilai tahap persiapan hingga saat ini berjalan baik, tidak banyak masalah.

Berburu Kurma di Madinah, Ada Level Premium sampai Murah Meriah

Dikatakan Irjen Faisal, pihaknya terus melakukan pendampingan implementasi program dan kinerja Kemenag pada triwulan kedua 2024, salah satunya terkait persiapan keberangkatan haji. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

“Penyelenggaran haji tahun ini, dalam segi persiapan lebih siap dan relatif tidak terlalu banyak masalah,” ungkap Irjen Faisal saat menggelar halal bihalal dengan pegawai Itjen Kemenag di Jakarta, Selasa 16 April 2024.

Selain di Tanah Suci, Operasional Penyelenggaraan Ibadah Haji Juga Dilaksanakan di Tanah Air

“Karenanya, Itjen akan mengawal pemantauan penyelenggaraan ibadah haji dengan sebaik-baiknya ” ujarnya, seperti dikutip dari laman Kemenag.go,id.

Jamaah haji usai salat di Masjidil Haram

Photo :
  • ANTARA FOTO/Hani Sofia
Lebih Dari Sekedar Manis! Kurma Kaya Manfaat untuk Kesehatan Anda

Kepada jajarannya, Faisal berpesan bahwa Itjen Kemenag harus benar-benar berperan sebagai auditor internal. Itjen Kemenag harus mampu menjalankan perannya sebagai Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP) dengan baik.

“Banyak orang menganggap internal auditor tidak ada manfaatnya, kita harus memberikan kemanfaatan. Kalau cuma nyari salah, gampang, tapi cari penyebab serta rekomendasi dan berikan solusi,” tegasnya.

Irjen Faisal berharap spirit Ramadhan menjadi inspirasi untuk terus melakukan kebaikan, serta melahirkan perubahan dan gagasan.

Petugas haji Indonesia melepas kepulangan jemaah ke tanah air.

Photo :
  • MCH 2023 | Lutfi Dwi Pujiastuti

Dalam suasana Idul Fitri Ia juga menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh keluarga besar Itjen Kemenag.

“Atas nama pribadi, keluarga, mohon maaf lahir dan batin. Banyak hal apakah dalam kebijakan, tutur kata, perilaku mohon maaf sebesar-besarnya," ungkapnya.

"Yakinlah, bahwa setiap kebijakan yang diambil, sama sekali tidak ada personal interest tetapi ingin mewarnai makna amanah yang diberikan kepada saya,” jelas Irjen Faisal.

“Semoga kita dijauhkan dari marabahaya, dijauhkan dari fitnah, jadi keluarga sakinah mawaddah warahmah, anak saleh salehah, serta bermanfaat buat keluarga, bangsa dan negara,” tutupnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya