Gunung Ibu Erupsi Kembali, Semburan Abu Tebal Membubung Tinggi 4.000 Meter

Gunung Ibu Erupsi Kembali, Semburan Abu Membubung Tinggi 4.000 Meter!
Sumber :
  • PVMBG Pos Pengamatan Gunung Ibu

Maluku Utara - Gunung Ibu di Halmahera Barat kembali menunjukkan aktivitas vulkaniknya dengan erupsi pada Sabtu (11/5/2024) dini hari, pukul 00:24 WIT. 

Gunung Ibu Kembali Erupsi, Abu Vulkanik Membumbung 7 Kilometer ke Angkasa

Kolom abu tebal berwarna kelabu menyembur tinggi mencapai 4.000 meter di atas puncak gunung, atau sekitar 5.325 meter di atas permukaan laut. Letusan disertai dentuman dan gemuruh yang terdengar hingga Pos PGA Ibu.

Menurut petugas Pos PGA Ibu, Axl Roeroe, erupsi terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 28 mm dan berlangsung selama 6 menit 27 detik. Teramati pula lontaran lava pijar setinggi 800 meter di atas puncak dan jatuh hingga 1.000 meter di bawah bibir kawah.

Terpopuler: Prajurit TNI yang Tendang Warga Berdamai, Bupati Bubarkan Pendemo Pakai Parang

“Erupsi ini terekam di seismogram,” ujar petugas pos pengamatan Gunung Ibu, Axl Roeroe, dalam laporannya.

Gunung Ibu di Halmahera Barat Meletus. (Dok. BNPB

Photo :
  • VIVA.co.id/Supriadi Maud (Sulawesi Selatan)
Gunung Ibu Erupsi Semburkan Abu Setinggi 5 Kilometer, Terdengar Dentuman Disertai Gemuruh

Menanggapi erupsi ini, Badan Geologi telah menaikkan status Gunung Ibu ke Siaga (Level III). Masyarakat diimbau untuk tidak melakukan aktivitas dalam radius 3 kilometer dari puncak kawah. Perluasan sektoral ke arah bukaan kawah di bagian utara gunung Ibu juga diberlakukan, dengan jarak 5 kilometer dari kawah aktif.

“Masyarakat di sekitar Gunung Ibu dan pengunjung/wisatawan agar tidak beraktivitas di dalam radius 3 km dan perluasan sektoral berjarak 5 km ke arah bukaan kawah di bagian utara dari kawah aktif gunung Ibu,” jelasnya. (Iqbal/Maluku Utara).

Arsip - Visual erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki di Flores Timur, NTT, Kamis, 2 Mei 2024.

Badan Geologi: Gunung Lewotobi Laki-laki Belum Stabil Sepenuhnya

Badan Geologi Kementerian ESDM mencatat kejadian erupsi masih mendominasi aktivitas Gunung Lewotobi Laki-laki di Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT).

img_title
VIVA.co.id
3 Juni 2024