Cara Unik Jemaah Calon Haji Asal Kabupaten Tangerang Tandai Kopernya

Kedatangan para jamaah calon haji asal Kabupaten Tangerang di Masjid Agung Al-Amjad, Tigaraksa, Tangerang
Sumber :
  • VIVA.co.id/Sherly (Tangerang)

Tangerang - Sebanyak 384 jamaah calon haji (JCH) asal Kabupaten Tangerang, tiba di lokasi pelepasan Masjid Agung Al-Amjad, Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Senin, 13 Mei 2024.

Segera Pergi Haji, Aurel Hermansyah Tak Berhenti Nangisi Anaknya

Para jemaah calon haji tiba menggunakan bus. Nantinya, mereka akan dilepas menuju embarkasi Pondok Gede,  kemudian diberangkatkan ke tanah suci Makkah, melalui Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

Pada saat tiba di lokasi pelepasan, beberapa jemaah calon haji pun memiliki cara  unik untuk menandai koper mereka agar tidak tertukar.

Dimana, pada bagian atas koper, para jemaah memasang  benda-benda seperti sapu tangan bermotif, dompet, sampai topi.

Soal Pembayaran Dam Haji, Jemaah Diimbau Jangan Tergiur Harga yang Tak Rasional

koper jemaah haji Indonesia

Photo :
  • MCH 2022 / Zaky Al Yamani

Salah satu jemaah calon haji asal Kabupaten Tangerang, Arifin mengatakan, pada bagian atas kopernya, ia mengikatkan sapu tangan yang kerap kali ia gunakan.

Pria berusia 80 tahun ini melakukan hal itu agar koper miliknya tidak tertukar dengan koper milik jemaah yang lainnya. "Saya taruh sapu tangan, biar gak ketuker, biar saya juga inget, saya kan sudah tua, takut bingung nanti," katanya.

Dalam proses keberangkatan haji pun, pihak Kementerian Agama Kabupaten Tangerang, memberikan pembatasan kepada para pengantar. Hal ini agar jamaah mudah mengikuti alur keberangkatan menuju bus.

Para pengantar jemaah hanya diperbolehkan sampai pintu gerbang masjid.  Adapun pengantar yang bisa masuk menemani jamaah calon haji, hanya diperbolehkan satu orang.

Rahmat, salah seorang panitia penyelenggara mengatakan, penyekatan dilakukan agar tidak mengganggu proses pemberangkatan jemaah dan tidak menimbulkan penumpukan. "Pengantar hanya boleh satu orang, biar di area pelepasan tidak menumpuk," ujarnya.

Dalam hal ini, Kabupaten Tangerang menjadi kloter 7 JKG yang nantinya akan berangkat pada 14 Mei 2024 pukul 15.10 WIB melalui Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

Tinjau Fasilitas Fast Track Jemaah Haji Bandara King Abdul Aziz Jeddah, Ini Evaluasi Irjen Kemenag
Jemaah haji Indonesia mulai diberangkatkan ke Muzdalifah dan Mina

PPIH Terapkan Skema Murur di Muzdalifah untuk Keselamatan Jemaah Haji

Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi akan menerapkan skema murur untuk mabit di Muzdalifah pada ibadah haji 1445 H/2024 M untuk menjaga keselamatan jemaah.

img_title
VIVA.co.id
6 Juni 2024