Jembatan Sungai Jambi Nyaris Ambruk Ditabrak Kapal Tongkang Batu Bara

Kapal Tongkang
Sumber :
  • VIVA/Syarifuddin Nasution

Jambi – Tiang Jembatan Sungai atau tepatnya di Jembatan Aurduri 1 Kota Jambi, Patah setelah ditabrak Tongkang bermuatan batu bara, warga melihat peristiwa tersebut langsung terkejut.

Menteri KKP Jadikan Tual dan Kepulauan Aru Sebagai Modeling Penangkapan Ikan Terukur

Informasi dihimpun VIVA, Tongkang batu bara besar awalnya datang dari Kabupaten Batanghari,Jambi menuju talang duku,Jambi untuk dibongkar. Namun saat hendak melewati bawah jembatan, tongkang langsung menabrak tiang jembatan sampai patah. Parahnya, dua Kapal Tugboat baik menarik tongkang maupun mengendalikan dari belakang hilang kendali sehingga menabrak tiang jembatan.

Denis pengendara motor saat dikonfirmasi mengatakan, saat di tengah jembatan sampat merasakan getaran jembatan dan sontak terkejut melihat ada tongkang batubara dibawah jembatan yang sudah menabrak tiang jembatan sampai patah.

Nakhoda Kapal yang Angkut 136 Rohingya ke Aceh Divonis 8 Tahun Penjara

"Saat itu saya lagi mengendarai motor melewati jembatan aurduri 1 dan saat ditengah jembatan saya merasakan getaran keras jembatan dan rupanya ada kapal tongkang batu bara habis menabrak tiang jembatan sampai patah," jelasnya pada Senin,13 Mei 2024.

Kapal Greenpeace hadang Kapal Tongkang Batu Bara di Karimunjawa

Photo :
  • Greenpeace/Jurnasyanto Sukarno
Bea Cukai Amankan 15 Juta Batang Rokok Tak Berpita Cukai di Perairan Aceh

Kapal Tongkang

Photo :
  • VIVA/Syarifuddin Nasution

Terpisah, Sulastri pengendara motor saat mengatakan melihat kapal tongkang menabrak tiang jembatan sungai dikiranya jembatan ikut ambruk juga, karena merasakan getaran kuat.

Untuk itu, ia berharap ada pertanggungjawaban dari pihak nahkoda Tugboat karena menabrak tiang jembatan sampai patah.

"Saya istighfar berulang kali ketika merasakan getaran jembatan dan ketika melihat kapal tongkang, saya terkejut kalau tidak salah ada tiga jembatan patah," tuturnya.

Begitu juga Salman pengendara mobil mengatakan, saat kapal tongkang menabrak tiang jembatan, sempat terjadi kemacetan panjang karena warga sangat penasaran sekali melihat peristiwa kapal tongkang menabrak tiang jembatan Aurduri 1 sampai patah.

"Saya ikut juga terkena macet kendaraan, namun setelah melewati jembatan saya menepi ke pinggir jalan karena penasaran melihat aksi kapal tongkang menabrak tiang jembatan sungai sampai patah," terangnya.

Menurut dia, sudah berulang kali setiap jembatan sungai di Jambi selalu ditabrak oleh kapal tongkang namun dibiarkan begitu saja dan tidak ada pertanggungjawaban dari pihak perusahaan, maupun nahkoda kapal yang menarik kapal tongkang pengangkut batu bara.

"Kalau jembatan khususnya Aurduri 1 ditabrak oleh kapal tongkang ya bisa ambruk jembatan, dan kita harapkan kepada pihak pemerintah dan kepolisian tidak tinggal diam," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya