Jokowi Ajak Keluarga Jalan-jalan ke Candi Borobudur saat Rakernas Hari Kedua PDIP

Dokumen Biro Pers Sekretariat Presiden
Sumber :
  • VIVA.co.id/Zendy Pradana

Jakarta – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) bersama dengan keluarga menghabiskan waktu libur akhir pekannya berlibur ke Candi Borobudur. Hal ini bertepatan dengan hari kedua Rakernas PDIP.

Penampakan Sapi Kurban Jokowi di Binjai, Berbobot 860 Kg dengan Harga Rp 90 Juta

Jokowi turut mengajak Ibu Iriana, anak pertamanya, Gibran Rakabuming Raka beserta istrinya Selvi Ananda, dan kedua cucu Presiden, Jan Ethes Srinarendra serta La Lembah Manah. 

Jokowi pun tiba di Candi Borobudur pada Sabtu 25 Mei 2024 sekira pukul 10.00 WIB. Kedatangan Jokowi pun turut menyita perhatian pengunjung lainnya yang juga menikmati keindahan salah satu situs warisan budaya dunia tersebut. 

Jokowi Bentuk Satgas Pemberantasan Judi Online, Dipimpin Menkopolhukam

Di antaranya yakni Alif dan Tira pengunjung dari Makassar yang mengaku bahwa dirinya sangat terkejut bisa bertemu langsung dengan Presiden Jokowi secara langsung.

"Surprise banget. Tadi kita lihat ada rombongan pejabat tapi kan mobilnya mobil Presiden, ternyata beliau yang datang," kata Alif kepada wartawan, Sabtu, 25 Mei 2024.

Duet Anies-Kaesang Dianggap Cuma Gimik Politik Ganggu PDIP

Momen Presiden Jokowi Bersepeda Dengan Ethes di Jogja

Photo :
  • Biro Setpres

Kemudian, selama melakukan kunjungan ke Candu Borobudur Presiden Jokowi turut berinteraksi dengan cucunya. Ia mengajarkan kepada cucunya tentang sejarah dan pentingnya pelestarian situs bersejarah.

Jan Ethes pun sempat beberapa bertanya tentang relief dan stupa, serta dialog pendidikan antara kakek dan cucu, menunjukkan momen edukatif yang berharga.

"Ini candi Buddha ya Mas Ethes? Kalau Candi Prambanan candi apa?” ujar Presiden Jokowi kepada Jan Ethes.

Sementara itu, pemandu dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Heri Setiawan mengatakan bahwa dirinya sempat memberikan sejumlah informasi tentang Candi Borobudur dan kelestariannya. Jokowi sempat bertanya kepadanya, terkait pengaturan pengunjung yang ingin naik ke atas candi.

"Beliau menyambut baik, memberi tanggapan positif terkait dengan pembatasan jumlah kunjungan karena mau tidak mau kalau kunjungan tidak dibatasi nanti akan mengakibatkan percepatan perusakan dan pelapukan Candi Borobudur," jelas Heri.

Kunjungan ini tidak hanya memberikan momen berharga bagi keluarga Presiden tetapi juga menjadi inspirasi bagi pengunjung lainnya tentang pentingnya nilai sejarah dan kebersamaan keluarga. Ini adalah gambaran dari seorang pemimpin yang tidak hanya menjaga dan mengelola negara tetapi juga nilai-nilai keluarga dan budaya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya