Banjir Lahar Dingin, Bangunan Polsek Miring

Endapan lahar dingin di Dusun Gempol, Magelang
Sumber :
  • ANTARA/Anis Efizudin

VIVAnews - Banjir lahar dingin Gunung Merapi mulai mengancam Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Jembatan dibuat roboh, bangunan Polsek menjadi miring, dan batu besar teronggok di tengah jalan.

"Kantor Polsek Cangkringan posisinya miring. Mapolsek itu terletak di Dusun Panggung, Argomulyo," kata Camat Cangkringan, Syamsul Bahri, dalam perbincangan dengan VIVAnews.com, Senin 3 Januari 2010.

Mapolsek Cangkringan terkena material Merapi. Posisi banjir lahar dingin terparah terdapat di wilayah Salam, sebelah barat Dusun Geblok, Cangkringan. Jembatan di lokasi itu sudah putus total.

"Ini akibat banjir lahar dingin. Saat ini masih hujan deras dari jam tiga sore sampai saat ini," ujar dia. Hujan sempat berhenti sejenak sekitar pukul lima sore.

Hujan deras yang mengguyur sudah menggenangi daerah-daerah persawahan di lokasi itu. Selain itu, lokasi-lokasi ternak dan enam rumah sudah terendam banjir lahar dingin.

Menurut Syamsul, lokasi Dusun Panggung juga merupakan salah satu yang terparah. Daerah itu juga termasuk salah satu wilayah aliran Sungai Opak, yang merupakan aliran utama lahar dingin Merapi.

Tidak hanya itu, menurut dia, ada sebuah batu besar berada di tengah jalan. Batu berukuran manusia itu berada di dekat Markas Polsek Cangkringan. (sj)

Prabowo Gandeng PKB dan Nasdem, Gibran: Ini Bukan Meninggalkan PDIP

Laporan: Erick Tanjung l DIY

Dak Galbi

5 Negara Paling Tidak Ramah Vegetarian di Asia, Ada Korea Selatan dan Jepang

Asia, dengan kekayaan budaya dan ragam kuliner yang mengagumkan, merupakan destinasi impian bagi banyak pelancong. Namun, ada negara yang tidak ramah vegetarian.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024