Sultan Janjikan Rp1 Miliar Bagi Korban Merapi

Sri Sultan Hamengkubuwono Meninjau Shelter Pengungsi Merapi
Sumber :
  • ANTARA/Regina Safri

VIVAnews - Untuk meringankan beban para korban bencana Merapi, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X menjanjikan bantuan sebesar Rp1 miliar. Bantuan itu akan diberikan kepada warga di Desa Wonokerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, DIY.

"Saya akan menyediakan dana bantuan sebesar Rp1 miliar untuk pembelian sapi dan kambing. Namun warga harus membuat proposal dan diajukan ke Provinsi," kata Sultan saat berkunjung ke Desa Wonokerto, Jumat, 7 Januari 2011.

Menurut Sultan meski hewan peliharaan warga Desa Wonokerto tidak ada yang terkena awan panas, mamun secara ekonomi juga sangat terpuruk. Karena material Gunung Merapi juga merusak lahan Salak yang diandalkan untuk mata pencaharian.

"Untuk memperbaiki tanaman Salak hingga nantinya dapat berbuah kembali butuh waktu yang panjang. Saya berharap bantuan sapi atau kambing ini dapat meringankan beban ekonomi masyarakat," kata Raja Yogya ini.

Dari dana sebesar Rp1 miliar itu, tidak secara keseluruhan diwujudkan dalam bentuk kambing atau sapi. Tapi sekitar 40 persennya berbentuk bantuan modal usaha.

Sedangkan sisanya 60 persen untuk membeli sapi dan kambing keturunan etawa yang melibatkan warga miskin. "Dana Rp1 miliar itu dapat digunakan untuk modal usaha, pembelian kambing atau sapi yang melibatkan rakyat miskin," tandasnya.

Surya Paloh Sambut Baik PKS Jika Ikut Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran

Laporan: Juna Sunbawa l DIY

Ilustrasi keamanan siber.

Jika Lolos Tes Ini, Keamanan Siber Bank di Indonesia Sudah Tangguh

Empat dari sepuluh bank terbesar di Indonesia menaruh kepercayaan kepada Spentera perihal keamanan siber.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024