Jasad Sudwikatmono Dilepas Upacara Probosan

Sudwikatmono
Sumber :
  • Yayasan Dana Sejahtera Mandiri

VIVAnews - Jenazah pengusaha dan sepupu Presiden Soeharto, Sudwikatmono Prawirodiharjo, siang ini akan dmakamkan di Komplek pemakaman San Diego Hills, Karawang, Jawa Barat. Sudwikatmono wafat saat menjalani perawatan di RS Month Elizabeth, Sabtu kemarin.

Gibran Bagi-Bagi 1.100 Sepatu Gratis ke Siswa Miskin di Solo: Ini CSR, Bukan dari Saya

"Dari rumah akan dilepas dengan adat Jawa Probosan. Anak dan cucu akan melintas di bawah peti jenazah," kata Koordinator pemakaman, Bambang, di rumah duka di jalan Bukit Golf Utama P10, Pondok Indah, Jakarta Selatan, Minggu, 9 Januari 2011.

Probosan merupakan prosesi adat Jawa yang bertemakan "mikul dhuwur mendem jero", artinya prosesi ini dilaksanakan untuk mengangkat martabat dan jasa almarhum semasa hidupnya dan memendam segala keburukannya. Upacara adat Probosan ini juga yang digelar saat Presiden Soeharto wafat.

Jenazah akan diberangkatkan sekitar pukul 11.00 WIB dari rumah duka diringi para kerabat. Pagi ini rumah duka sudah dipenuhi pelayat. Lantunan ayat suci dan tahlil terus terdengar dari rumah duka.

Sudwikatmono meninggal karena komplikasi penyakit. Pengusaha kelahiran Wuryantoro, Wonogiri, Jawa Tengah, 28 Desember 1934 itu sempat dirawat selama beberapa bulan di Singapura.

Anggota Polresta Manado Ditemukan Tewas di Mampang Sedang Cuti

Puluhan karangan bunga tanda duka memenuhi pekarangan rumah duka. Para pengirimnya antara lain adalah Sekjen PDI Perjuangan, Tjahjo Kumolo, mantan Ketua MPR di era Soeharto, Harmoko; dan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

Ada pula karangan bunga dari keluarga Cendana, seperti dari Sigit Harjojudanto dan Tommy Soeharto. Juga, dari sejumlah perusahaan seperti PT Hotel Kartika Chandra dan Grup Humpuss.

Anaknya Dituding Selingkuhan Rizky Nazar, Ibu Salshabilla Adriani: Bunda Tahu Sakitnya Hati kamu

Tampak hadir melayat pagi ini antara lain mantan Menteri Perhubungan Agum Gumelar bersama istrinya, Menteri Negara Peranan Wanita Linda Gumelar. (kd)

Kantor Desa Barabali di Lombok disegel warga buntut dugaan korupsi beras Bansos (Satria)

Gara-gara Korupsi Beras Miskin, Kantor Desa di Lombok Disegel Warga

Kantor Desa Barabali, Kecamatan Batukliang, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, disegel oleh ratusan warga buntut kasus dugaan korupsi beras miskin dari pemerintah pusat.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024