Misteri Penyebaran Foto Gayus di Internet

Foto Gayus Tambunan yang beredar di internet.
Sumber :
  • kaskus.us

VIVAnews - Belum lama ini di Internet beredar foto terdakwa kasus mafia pajak, Gayus Tambunan. Sebagian besar foto menampilkan gambar Gayus sedang berlibur dengan sejumlah kerabatnya.

Haru, Angelina Sondakh Ungkap Inspirasi Kebaikan Mendiang Mooryati Soedibyo

Bagaimana foto-foto pribadi itu bisa tiba-tiba beredar di jagat maya, begini kronologinya.

Pada tanggal 1 Januari 2011, sekitar pukul 21:22 WIB, sebuah situs forum online lokal, Kaskus, digemparkan dengan beredarnya foto-foto Gayus itu.

Di bawah thread berjudul "Gayus mabok, gan (no hoax)", seseorang dengan ID gayuspete2010 mengunggah lebih dari 15 foto Gayus sedang pelesir ke berbagai tempat melancong, kemungkinan di luar negeri.

Dari beberapa yang di-post di situ, hanya beberapa foto yang mudah diidentifikasi. Misalnya, ada sebuah foto dengan latar belakang spanduk bertuliskan "Sekolah Tinggi Akuntansi Negara Program Diploma Keuangan Wisuda Speasialisasi Akuntansi, Kebendaharaan Negara, Bea dan Cukai, Pajak, PBB (Penilai), PPLN, dan Aktuaria Tahun Akademik 1999/2000."

Foto-foto lainnya sulit diidentifikasi kapan diambil dan di mana lokasinya. Hanya diperlihatkan Gayus sedang bersantai seperti berkaraoke, menenggak minuman keras, bermain biliar, tamasya ke pantai, bermain futsal, sampai berenang di kolam mewah.

Foto-foto Gayus yang menggemparkan itu bisa dilihat di link berikut ini, sementara videonya dapat ditonton di sini.

Kementerian Haji Meminta Jemaah Umrah Harus Keluar dari Arab Saudi pada 6 Juni

Pertanyaannya, bagaimana foto dan video pribadi itu didapat?

Sang pengunggah, yang tak diketahui identitas sebenarnya kecuali mencantumkan ID: 'gayuspete2010', mengaku mendapatkan foto-foto tersebut dari akun Facebook milik Gayus. Menurut keterangannya, Gayus telah mengubah nama akunnya di Facebook menjadi 'Bob Pete' dan istrinya 'Anna Rini' untuk mengaburkan jati diri mereka.

Gak Main-main, Manusia Silver di Makassar Bisa Raup Hingga Rp 8 Juta per Bulan

Tampilan akun Facebook yang diduga milik Gayus.

Yang menarik, halaman Facebook atas nama 'Bob Pete' dengan alamat e-mail gajah.nakal@gmail.com itu telah langsung dinonaktifkan tak lama setelah foto-foto itu beredar dan ramai diberitakan.

Beberapa saat setelah mengunggah foto-foto Gayus, pengunggah juga memberikan informasi tentang Gayus yang baru saja meng-update statusnya dari dalam penjara.

Beberapa pertanyaan masih menggantung. Siapa sebetulnya gayuspete2010 yang mengunggah foto-foto itu? Benarkah halaman dengan ID Bob Pete di Facebook itu memang akun pribadi Gayus? Atau, jangan-jangan, itu akun orang lain yang dibuat seolah-olah milik Gayus? Juga, apakah foto-foto itu diambil sebelum atau sesudah Gayus masuk penjara?

Jika Anda memiliki informasi soal ini, silakan email ke redaksi@vivanews.com. Terima kasih. (kd)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya