Perusuh Diangkut Truk dari Luar Temanggung

Massa melakukan aksi anarkis di sidang penistaan agama di Temanggung
Sumber :
  • tvOne

VIVAnews - Kerusuhan di Temanggung, Jawa Tengah, menyebabkan setidaknya tiga gereja dibakar dan dirusak massa. Amuk massa ini terkait sidang penistaan agama dengan terdakwa Anthonius Richmond Bawengan. Selengkapnya baca di sini.

Bukan Hina Pemain Korea Selatan, Ernando Minta Maaf dan Jelaskan Alasan Joget Usai Gagalkan Penalti

Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) menyatakan heran dengan kerusuhan ini karena selama ini tidak pernah ada konflik agama di Temanggung. Sekretaris Eksekutif Komisi Hubungan Agama dan Kepercayaan KWI Romo Benny Susetyo mengatakan gerombolan perusuh bukanlah warga Temanggung. Berdasarkan laporan yang masuk ke KWI, massa datang diangkut truk dari luar Temanggung.

"Itu diangkut, kok, menggunakan truk dari Semarang dan sekitarnya. Jangan masyarakat Temanggung dong yang dikorbankan," kata Romo Benny di Wahid Institute, Jakarta, 8 Februari 2011. "Selama ini masyarakat Temanggung hidup aman dan damai. Sejak awal tidak pernah ada konflik."

Romo Benny mensinyalir massa perusuh memang digerakkan. Ini memperlihatkan ada kelompok yang sedang memainkan permasalahan hukum. Ingin diciptakan kesan bahwa seolah-olah masyarakat tidak toleran, padahal massa tersebut jelas-jelas diorganisir oleh pihak-pihak tertentu.

Lalu siapa yang memobilisir?

"Saya tidak mau menduga. Polisi pasti tahu, jangan pura-pura tidak tahu," Romo Benny menegaskan.

Ia juga mengingatkan agar pemerintah, melalui kepolisian, jangan terkesan membiarkan tindakan anarkis semaam ini. "Pemerintah jangan main api karena indikasi semakin nyata. Pelaku harus dihukum," ujar Romo Benny.

Romo Benny juga mengklarifikasi bahwa gereja Katolik di Temanggung tidaklah dibakar dan hanya dirusak pagarnya. Pastor dan suster di situ dalam keadaan aman dan tidak ada satupun yang dipukuli. "Ini perlu diklarifikasi. Jangan sampai konflik meluas," Benny menjelaskan. (kd)

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar
Ghea Indrawari

Belum Kepikiran Nikah, Ternyata Ini Kriteria Pria Idaman Ghea Indrawari

Namun di usianya sekarang ini, Ghea Indrawari merasa masih ada banyak hal yang perlu ia lakukan sendiri termasuk mengejar kariernya di industri hiburan.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024