Nasib Ibu Alanda Juga Dialami Linda Wangsa

Bank Century
Sumber :
  • Andika Wahyu

VIVAnews - Tuntutan 10 tahun penjara, denda Rp10 miliar dan subsider 6 bulan kurungan tidak hanya dialami mantan Kepala Divisi Legal Bank Century Arga Tirta Kirana, Ibunda Alanda Kariza. Tuntutan lebih berat dari pemilik Bank Century, Robert Tantular, juga dialami Linda Wangsadinata, mantan Kepala Cabang Bank Century Senayan, Jakarta.

"Saya dituntut satu paket dengan Ibu Arga, atasan saya," kata Linda saat dihubungi VIVAnews, Rabu 9 Februari 2011. Saat ditelepon Linda mengaku sedang di rumah sakit. Sudah dua hari dia dirawat. "Saya syok memikirkan tuntutan itu, dari mana uang sebanyak itu," ujar dia dengan suara lirih.

Linda mengaku saat masih menjabat sebagai kepala cabang, ia sering mendapat perintah pencairan kredit oleh Direktur Utama Century yang merangkap Direktur Kredit, Hermanus Hasan Muslim. Di bawah tekanan, ia harus menandatangani kredit yang kebanyakan tidak memenuhi syarat.

"Sekarang saya dikejar-kejar, harus mempertanggungjawabkan semuanya. Saya ini hanya pekerja, tidak ngerti hukum, semua yang perintahkan Robert dan Hermanus," kata dia.

Saat itu, Linda menambahkan, setiap proses kredit diatur oleh atasannya. Sebagai pekerja dan bawahan, ia tidak bisa berbuat apa-apa. "Saya di posisi paling bawah, ibaratnya disuruh perang ya perang. Saat itu tidak ada satu orang pun yang mengingatkan saya," kata dia.

Nasib Jokowi di PDIP, Kaesang Pangarep Tidak Ingin Ikut Campur: Itu Urusan Partai Lain

Saking berkuasanya,  Robert bahkan sampai menempatkan orang khusus di bagian audit. Karenanya Linda merasa diperlakukan tidak adil, sebab ia dituntut jauh lebih tinggi dibandingkan Robert yang dituntut 8 tahun penjara, denda Rp50 miliar dan subsider 5 bulan kurungan. Namun pada putusan, Robert hanya divonis 4 tahun penjara.

Tuntutan atas Linda dan Arga dibacakan jaksa pada 25 Januari 2011 lalu. "Besok saya paksakan ke luar rumah sakit karena harus menghadapi sidang pledoi," ujar dia. (hs)

Head of Market Unit Nokia Indonesia Ozgur Erzincan.

Tugas Nokia Sudah Tuntas

Nokia mengumumkan kalau mereka telah menyelesaikan proyek lima tahun bersama XL Axiata dalam rangka memodernisasi jaringan 5G.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024