Istana: SBY Gemas Kekerasan Masih Terjadi

Cuplikan video penyerangan jemaah Ahmadiyah
Sumber :
  • dok. Ahmadiyah

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memberikan instruksi agar penegak hukum tidak segan membubarkan organisasi masyarakat (ormas) yang berbuat anarki. Staf Khusus Bidang Komunikasi dan Publikasi Brigjen TNI Ahmad Yani Basuki menilai pernyataan ini merupakan sikap gemas SBY atas peristiwa kekerasan yang marak terjadi.

"Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sebenarnya gemas terhadap berbagai peristiwa kekerasan yang marak di tanah air," kata dia usai diskusi polemik Trijaya FM di Jakarta, Sabtu 12 Februari 2011.

Menurut dia, Presiden merasa prihatin dengan ormas yang melakukan anarki. Keprihatinan ini, menurut dia, sudah mencuat sejak SBY menjabat sebagai Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan. "Makanya, keprihatinan itu ditegaskan dalam instruksi. Kepada yang salah ya harus dihukum. Evaluasi terus berlanjut,” ungkapnya.

Ahmad Yani melanjutkan, teguran Presiden harus segera direalisasikan dalam bentuk penindakan tegas terhadap kelompok ataupun oknum yang melakukan tindakan anarkis dan meresahkan masyarakat.

Sementara itu Wakil Ketua Komisi III DPR RI Tjatur Sapto Eddy mempertanyakan bagaimana mekanisme pembubaran ormas yang tidak terdaftar. "Kalau membubarkan yang terdaftar mereka tinggal ubah nama saja, buat baru. Kan banyak sekarang ini yang begitu," kata dia.

Hal ini, kata dia, jadi pemicu DPR bersama pemerintah untuk segera menyusun undang-undang baru. "UU 1985 tentang Ormas masih mengacu pada UUD sebelum diamandemen," kata dia.

Dalam kesempatan itu, Tjatur juga menilai kondisi saat ini, kepercayaan satu sama lain di tengah masyarakat sudah memudar.

Cerita Perjuangan TikTokers Sasya Livisya, Sering Dapat Hate Comment karena Penampilannya

Berselang dua hari, kekerasan berbau SARA pecah. Pertama, serangan kepada jemaah Ahmadiyah di Cikeusik, Pandeglang pada Minggu 6 Februari 2011. Dalam insiden ini, tiga jemaah tewas mengenaskan.

Kedua, sekelompok massa merusak tiga gereja di mana dua diantaranya dibakar. Kekerasan ini terjadi Selasa 8 Februari 2011.

Terpopuler: Alasan Heerenveen Lepas Nathan Tjoe-A-On, Calon Kiper Timnas Indonesia Sabet Scudetto
Ilustrasi anak-anak .

Pentingnya Kesehatan di Masa Golden Age Anak, Bakal Tentukan Kondisi Masa Depan

Dalam masa golden age itu, terjadi juga perkembangan kepribadian anak dan pembentukan pola perilaku, sikap, serta ekspresi emosi.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024