Hanya 1 Operator Ponsel Berfungsi di Jepang

Tsunami hantam Jepang
Sumber :
  • AP Photo/Kyodo News

VIVAnews - Sejumlah 414 warga Indonesia tinggal di Iwate, ibukota Provinsi Miyagi, salah satu wilayah yang rusak dilanda gempa dan tsunami yang terjadi siang tadi. Pemerintah Indonesia kesulitan menghubungi warga di sana, sebab jalur komunikasi putus total.

2 Militer Israel Tewas usai Kena Serangan Rudal Hizbullah

Pemerintah Indonesia hanya mengandalkan komunikasi Jakarta-Tokyo yang itupun sangat terbatas.  "Khusus untuk telepon selular, hanya satu provider yang bisa dihubungi, yaitu Docomo," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri, Michael Tene, dalam perbincangan dengan VIVAnews.com, Jumat 11 Maret 2011.

NTT Docomo merupakan salah satu operator telekomunikasi terbesar di Jepang.  Warga Indonesia di Tokyo semuanya dalam keadaan aman, meski gempa terasa hingga ibu negeri matahari terbit itu.

Lantaran komunikasi ke Iwate sangat sulit, "Belum bisa diketahui kebutuhan bantuan untuk warga di sana," kata Michael Tene.

Gempa berkekuatan 8,9 skala Richter terjadi di perairan timur Jepang pada pukul 14.46. Gempa menimbulkan tsunami yang langsung menyapu seluruh kota pesisir pantai. Pada siaran televisi, terlihat dinding air setinggi sekitar enam hingga 10 meter melondong bangunan dan mobil-mobil.

Laporan: Harwanto Bimo Pratomo

KAI Tambah 7 Kereta Api di Libur Long Weekend, Simak Rute-rutenya
Jet Tempur F-16 (Doc: CNA)

Jet Tempur F-16 Singapura Jatuh

Jet tempur F-16 milik Angkatan Udara Republik Singapura (RSAF) jatuh di Pangkalan Udara Tengah, tak lama setelah lepas landas pada Rabu sore, 8 Mei 2024.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024