Fadel: Ikan Indonesia Aman dari Nuklir Jepang

Kebakaran di PLTN Dai-ichi, prefektur Fukushima
Sumber :
  • AP Photo/DigitalGlobe

VIVAnews - Radiasi nuklir Jepang sudah mencemari air. Bahkan air laut di sekitar reaktor Fukushima sudah tercemar juga. Pemerintah Jepang menerbitkan larangan mengonsumsi ikan pada radius 30 km. Radiasi itu kini kian mencemaskan. Filipina, Korsel dan China mendeteksi adanya radiasi dengan skala yang sangat kecil di wilayah mereka.

5 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi oleh Penderita Asam Lambung, Apa Saja?

Bagaimana dengan Indonesia?  Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad memastikan bahwa wilayah kelautan Indonesia aman dari radiasi itu. Jadi, ikan yang berada di wilayah Indonesia aman dikonsumsi. Hal itu disampaikan Fadel disela Rapat Rencana Kerja Pemerintah dan Pagu Indikatif 2012 di Istana Bogor, Selasa 29 Maret 2011.

"Kemarin kami sudah cek. Kami sudah koordinasi dengan kementerian kesehatan, radiasinya belum sampai ke laut kita," kata Fadel.

Kepastian bebas radiasi itu, kata Fadel, diperoleh setelah pihaknya mengecek seluruh wilayah perairan dengan alat monitor. Dari hasil pengcekan tersebut, hasilnya tidak ditemukan wilayah laut Indonesia yang terkontaminasi.

"Perairan Indonesia  tidak ada radiasi. Makanan-makanan kami cek dan kontrol. Dari edaran Menkes (menteri kesehatan), itu tidak ada radiasi," katanya.

Sementara, Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih menuturkan, langkah-langkah pengamanan untuk mengantisipasi radiasi akibat kebocoran instalasi nuklir di Jepang terus dilakukan.

Pengawasan dilakukan lintas kementerian seperti pertanian, kementerian perdagangan dan kementerian kelautan dan perikanan. "Kami kasih tahu bahwa, aturannya harus begini. Karena kan kesehatan manusia tanggungjawab kami," kata Endang.

Dia menegaskan, pentingnya pengawasan terhadap makanan. Terutama yang berasal dari Jepang. "Yang biasanya tidak pakai sertifikasi, harus pakai sertifikat," kata Endang.

Namun, pemerintah Jepang kata Endang, sangat memperhatikan berbagai produk makanan mereka yang akan dieksport. Terutama, produk yang terkena radiasi, pemerintah Jepang memastikan tidak akan mengeksportnya. "Disana, makanan dan ikan yang kena radiasi tidak akan dijual. Kami sangat bergantung dari upaya Jepang," katanya.

Hingga saat ini, kata Endang, pemerintah Indonesia masih terus memantau berbagai perkembangan yang terjadi di Jepang dalam menangani kerusakan reaktor nuklirnya. Sehingga, berbagai langkah-langkah pengawasan di Indonesia dapat terus dilakukan.

"Sampai saat ini, kita masih terus intensif kontak dengan mereka. Bagaimana perkembangan terakhir mereka untuk mengatasinya," ucapnya.

Rilis TikToker Galih Loss Soal Video Diduga Menistakan Agama

Motif TikToker Galih Loss Buat Konten Penistaan Agama Terkuak, Ternyata Buat Cari Endorse

Polisi sudah menangkap Galih Loss karena konten 'hewan mengaji' yang meresahkan dan diduga menistakan agama Islam.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024