Lahar Dingin, Jalur Yogya-Magelang Putus

Aliran deras banjir lahar dingin dari Merapi pada Januari 2011.
Sumber :
  • BMKG

VIVAnews - Banjir lahar dingin masih terus terjadi pasca erupsi Gunung Merapi. Hari ini, banjir lahar dingin menjebol Jembatan PabelanĀ  yang menghubungkan Yogyakarta dan Magelang.

"Jembatan yang menuju Magelang jebol karena banjir lahar dingin," kata Setyorini, warga Dusun Batikan, Pabelan, Magelang, Rabu 30 Maret 2011.

Kali Pabelan ini memiliki hulu di Sungai Trising, Kali Apu, dan Kali Senowo yang berada di Gunung Merapi. Hujan deras yang mengguyur Gunung Merapi membuat tiga sungai itu penuh dan mengalir ke Pabelan.

Selain menjebol jembatan, banjir lahar dingin ini juga menghanyutkan tiga tumah warga di Desa Genunglemah. Meski demikian, tidak ada laporan korban jiwa akibat banjir lahar dingin ini.

Sementara itu Jumbatan Pabelan arah Magelang menuju Yogyakarta saat ini kondisinya masih kokoh meski terancam dengan derasnya air. Jembatan yang sempat ditutup dilintasi roda empat kini sudah mulai dibuka. (Laporan: Erick Tanjung | Yogyakarta)

Ledakan Terjadi di PT San Xiong Steel Lampung, 3 Karyawan Alami Luka Bakar
Miss Universe Indonesia 2023, Fabienne Nicole

Miss Universe Indonesia 2023, Fabienne Nicole Ceritakan Pengalaman Pertama Lewat Cinta yang Salah

Selain memiliki minat dalam olahraga beladiri seperti Boxing dan Muay Thai, kini Fabienne Nicole memilih untuk menjelajahi industri musik sebagai seorang penyanyi.

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024