FOTO: Pengganti Mbah Maridjan Dilantik

Juru kunci Gunung Merapi pengganti Mbah Maridjan, Asih
Sumber :
  • VIVAnews/ Erick Tanjung

VIVAnews - Setelah tiga bulan melakukan proses seleksi, Keraton Yogyakarta akhirnya memilih juru kunci Gunung Merapi, menggantikan Mbah Maridjan yang tewas akibat erupsi Merapi, Oktober 2010. Adalah putra Mbah Maridjan, Mas Bekel Anom Suraksosihono, atau Asih (46 tahun), yang terpilih menggantikan peran ayahnya.

Asih dipilih Tim Seleksi Kawedanan Agung Panitrapura Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, setelah mengalahkan delapan kandidat lain. Seleksi itu sendiri dilakukan sejak 11 Februari 2011, dengan empat kriteria penilaian: bidang keagamaan, kebudayaan, kekeratonan, dan kemasyarakatan.

Lihat fotonya, klik di sini.

Asih berencana mengandalkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk mengetahui segala kondisi Merapi. "Saya tidak ingin mengandalkan firasat. Kami harus mengikuti perkembangan zaman," kata Asih yang juga karyawan di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.

Meski demikian, tradisi labuhan dan semacamnya, masih akan dilakukan. Sebab, hal tersebut sudah menjadi kebiasaan warga lereng Merapi. (art)

Laporan: Erick Tanjung | Yogyakarta

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional
Kasat Reskrim Polres Jakarta Selatan, AKBP Bintoro di TKP Polisi Bunuh Diri

Polisi Periksa 13 Saksi Kasus Tewasnya Anggota Polresta Manado di Mampang Jakarta Selatan

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan, AKBP Bintoro, mengaku saat ini pihaknya sudah melakukan pemeriksaan 13 orang atas tewasnya anggota Satlantas Polresta Manado.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024