Kasus Contek Massal

Nuh: Tak Ada Ujian Nasional Susulan

Ujian Nasional
Sumber :
  • Antara/Arief Priyono

VIVAnews - Menteri Pendidikan Nasional Muhammad Nuh memastikan tidak akan melakukan Ujian Nasional ulang terkait adanya dugaan contek massal di Sekolah Dasar Negeri Gadel 2, Surabaya, Jawa Timur. Nuh menganggap tidak ada contek massal di SD itu.

"Ini tidak perlu dilakukan UN ulang. Karena contek massal itu tidak ada. Mengingat hasil dari pola jawab setiap murid tidak identik atau sama," kata Nuh di Kantor Kementerian Pendidikan Nasional, Jakarta, Rabu, 15 Juni 2011.

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Namun, Nuh membenarkan memang ada instruksi dari oknum guru ke salah satu murid untuk mencontek "Tapi apa itu dilaksanakan? Atau tidak? Karena dilihat dari pola jawaban, tidak sama. Jadi tegas tidak ada contek massal."

Menurutnya, persoalan ini hanya kesalahan dari salah satu guru dan murid yang melakukan instruksi untuk mencontek. "Jangan dibawa ke skala sekolah, Ujian Nasional, bahkan konflik sosial. Seolah-olah dunia pendidikan kita hancur," ucap Nuh.

Nuh mengatakan, kalau memang gurunya salah dan muridnya curang, Kemendiknas pasti akan menjatuhkan sanksi. "Tapi yang saya sesali juga, kenapa laporan ini terjadi setelah UN berakhir?" tanya Nuh. 

Walau demikian, Nuh menyatakan memberi penghargaan kepada siapapun yang mengungkap kejujuran.   (umi)

Gedung Bank Indonesia (BI).

BI Catat Penyaluran Kredit Baru Kuartal I-2024 Tumbuh Positif, Ada Tapinya

Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono mengungkapkan, pertumbuhan penyaluran kredit baru tersebut terjadi pada seluruh jenis kredit.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024