Kejaksaan Kembalikan Berkas Malinda ke Polisi

Malinda Dee
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews -- Meski telah ditetapkan sebagai tersangka kasus pencucian uang dan penggelapan dana nasabah Citibank sejak Maret 2011, kasus Inong Melinda atau tenar dengan nama Malinda Dee belum juga naik ke pengadilan.

Menurut polisi, berkas Malinda belum lengkap. "Status masih P19," kata Kepala Bagian Penerangan Hukum, Komisaris Besar Boy Rafli Amar di Mabes Polri, Jumat 24 Juni 2011.

Saat ini, polisi masih melengkapi berkas yang telah dikembalikan oleh kejaksaan beberapa waktu lalu. Sedangkan berkas Andhika Gumilang (diduga suami siri Malinda), Viska (adik Malinda) dan Ismail (suami Viska) masih di kejaksaan. "Ketiganya sudah, AG, I dan Viska sudah di JPU, mudah-mudahan lengkap, dan P-21 segera kita bisa terima" kata Boy.

Dalam Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) Malinda Dee diancam Pasal 49 ayat (1) dan (2) Undang-Undang (UU) Perbankan dan Pasal 6 UU Tindak Pidana Pencucian Uang.

Modus yang dilakukan sebagai karyawan bank itu, dengan melakukan pengaburan transaksi dan pencatatan fiktif terhadap beberapa slip transfer penarikan dana pada rekening nasabah untuk memindahkan sejumlah dana milik nasabah tanpa seizin nasabah ke beberapa rekening dia.

Penyidik menyita sejumlah barang bukti yaitu 29 formulir transfer yang disalurkan kepada beberapa rekening.  Sedangkan ketiga kerabat Malinda, juga disangkakan dengan pasal pencucian uang.

Malinda diduga telah menggelapkan dana nasabah Citibank bernilai miliaran rupiah. Berdasarkan keterangan Kepolisian, setidaknya Rp17 miliar dan empat mobil mewah bernilai miliaran rupiah disita dari istri siri artis Andhika Gumilang itu. (umi)

Usai Liverpool, Giliran Man Utd Kena Ejek Negara Rangking Terbawah FIFA
Jakarta Pet Expo (JPE) 2024

Pecinta Hewan Merapat, Jakarta Pet Expo 2024 Akan Hadir di Kemayoran!

Pecinta Hewan Merapat PT Songolas Exhibition Services (19 Events) untuk pertama kalinya akan menggelar Jakarta Pet Expo (JPE) 2024 pada 27-30 November di JIExpo Kemayoran

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024