Kondisi Fisik Nazaruddin Melemah

Nazaruddin
Sumber :
  • tv one

VIVAnews -- Muhammad Nazaruddin hingga saat ini berada dalam penahanan ketat aparat Kepolisian Kolumbia. Ia yang ditangkap di Cartagena kini menjalani penahanan di Bogota.

Menurut Fungsi Politik KBRI Bogota, Made Subagia, Nazaruddin kini dalam kondisi relatif sehat. "Dia sudah menjalani pengecekan medis, saya rasa sehat, meski sedikit lemas karena kurang makan. Mungkin karena puasa," kata Made saat dihubungi VIVAnews.com, Rabu 10 Agustus 2011.

Made membenarkan kabar yang menyatakan, awalnya eks Bendahara Umum Partai Demokrat itu bersikukuh mengelak bukan Nazaruddin -- sosok yang diburu Indonesia dan Interpol. Nazar bergeming, mengaku ia adalah Syarifuddin, seperti yang tertera dalam paspor yang ia bawa.

"Memang ia bersikeras tadinya, tapi menurut saya, dengan sidik jari, bukti-bukti foto, sudah jelas. Ia tak bisa lagi mengelak.

Sebelumnya, dalam situs Kepolisian Kolumbia disebutkan, Biro Investigasi Kriminal dan Interpol (DIJIN) melaksanakan protokol identifikasi pasca penangkapan Nazaruddin. "Dilakukan uji sidik jari dan foto sesuai red notice yang dikeluarkan Interpol," demikian pernyataan Kepolisian Kolumbia.

Masih menurut kepolisian negara tersebut, Nazaruddin ditangkap di Bandara Internasional Rafael Nunez, Cartagena saat mencoba naik sebuah pesawat dengan tujuan Bogota -- ibu kota Kolumbia. "Diduga ia bermaksud pergi ke salah satu pertandingan FIFA U-20," demikian pernyataan polisi Kolumbia.

Polisi Nasional Kolumbia menemukan fakta, bahwa, "Nazaruddin memasuki negara tersebut menggunakan pesawat carteran dari Washington, Amerika Serikat."Pemerintah Bogota saat ini sedang menunggu kabar dari Pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono terkait proses ekstradisi Nazaruddin.

Harga Emas Hari Ini 10 Mei 2024: Produk Global dan Antam Meroket

Nazaruddin pergi meninggalkan Indonesia sejak 23 Mei 2011. Saat itu, Nazaruddin mengaku akan berobat di Singapura. Namun, sampai ditetapkan sebagai tersangka, Nazaruddin tak kunjung kembali ke Indonesia. Nazaruddin sudah tiga dipanggil KPK terkait dengan kasus suap Kementerian Pemuda dan Olahraga dan kasus korupsi pengadaan barang dan jasa di Kemeterian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kepulangan Nazaruddin ke Indonesia menjadi penting artinya, sebab, saat dalam pelarian, ia kerap 'bernyanyi' -- menyabut sejumlah nama, baik sesama koleganya di Demokrat maupun sejumlah petinggi Komisi Pemberantasan Korupsi. (umi)

Biadab, Tentara Israel Hancurkan Puluhan Rumah Badui di Gurun Negev
Rafah, Gaza

AS Ancam Setop Kirim Senjata ke Israel Jika Nekat Serang Wilayah Rafah

Amerika Serikat (AS) memberikan ancaman terbaru pada Israel, bahwa jika Tel Aviv tetap melakukan operasi besar-besaran di Rafah.

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024