Ini Pentingnya Identitas Tunggal Bagi PPATK

Ketua PPATK Yunus Husein
Sumber :
  • Antara/ Widodo S Jusuf

VIVAnews - Direktur Pengawasan dan Kepatutan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan, Subiantoro mengatakan penerapan Single Identity Number oleh Kementerian Dalam Negeri bisa membantu mencegah dan memberantas tindak pidana pencucian uang. Karena, sistem itu memperkecil kemungkinan pemalsuan identitas.

"Banyaknya pemalsuan identitas karena belum adanya SIN di Indonesia. Tentu dalam hal ini kami merujuk kepada Kementerian yang terkait yaitu Kementerian Dalam Negeri," kata Subiantoro di Jakarta, Kamis 11 Agustus 2011.

Subiantoro mengatakan PPATK mencatat setidaknya ada 434 kasus penipuan perbankan yang terjadi karena pemalsuan identitas. Menurut dia, pelaku memalsukan data KTP untuk kemudian membuka rekening bank yang dipakai menyimpan uang hasil kejahatannya.

"Seperti dalam kasus Gayus dan Andhika Gumilang yang dengan leluasa memalsukan identitas untuk membuka account di bank," terangnya.

Oleh karena itu, lanjut Subiantoro, PPATK merekomendasikan Kemendagri untuk membangunan database yang baik, memberlakukan NIK dan pemutakhiran data penduduk serta pemutihan KTP dalam rangka penerapan KTP berbasis nasional.

Sedangkan bagi pihak penyedia jasa keuangan (bank)  untuk menerapkan proses kehati-hatian, menyortir dan menunda proses pembukaan rekening bank sebelum memastikan identitas asli nasabah.

"Jangan ragu-ragu karena yang demikian sudah diatur dalam Pasal 26 Undang-undang No 8 tahun 2010," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) menjalin nota kesepahaman dengan Ombudsman RI untuk bertukar informasi guna  meminimalisir maraknya tindak maladministrasi dan tindak pidana pencucian uang dalam penyelenggaraan pelayanan publik.

"Pasal 90 UU tentang kerjasama antar lembaga, kami bisa memberikan permintaan Ombudsman terkait tindak pidana pencucian uang dan tindak pidana lainnya," ujar Kepala PPATK Yunus Husein. (umi)

Kantongi Sertifikat Halal BPJPH, Coway Genjot Inovasi Produk
Pelatih Indonesia U-23, Shin Tae-yong

Pengakuan Jujur Shin Tae-yong Jelang Timnas Indonesia U-23 Lawan Guinea

Timnas Indonesia U-23 akan melawan Guinea pada playoff Olimpiade Paris 2024, di Clairefontaine. Begini pengakuan jujur pelatih Shin Tae-yong soal timnya.

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024