Kandas, Upaya Nazaruddin Mendapat Suaka

Nazaruddin
Sumber :
  • tv one

VIVAnews - Pada pukul 17.15 waktu Kolombia atau Jumat dini hari waktu Indonesia, Muhammad Nazaruddin akhirnya diterbangkan ke Indonesia. Di Tanah Air, mantan Bendahara Umum Partai Demokrat itu akan menghadapi proses hukum, termasuk membuktikan berbagai tuduhannya terhadap koleganya di partai maupun sejumlah petinggi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Meski proses pemulangan dari Kolombia terhitung cepat, tak sampai seminggu, di negeri kelahiran penyanyi Shakira itu, Nazaruddin sempat melakukan perlawanan hukum. Pejabat Fungsi Politik KBRI Bogota, Made Subagia, membenarkan Nazar sempat berniat meminta suaka politik dari pemerintah Kolombia.

"Betul, di sini dia menyewa pengacara yang cukup terkenal untuk mengupayakan bisa mendapat suaka di Kolombia," kata Made saat dihubungi VIVAnews.com, Jumat, 12 Agustus 2011.

Ramalan Zodiak Asmara Minggu Ini 13-19 Mei 2024, Aries: Bakal Temukan Banyak Pengagum

Dia menjelaskan, memang pernah ada preseden tahanan yang ditangkap di Kolombia mendapat suaka. Namun, permintaan Nazaruddin ditolak karena kasusnya menyangkut korupsi.

Apalagi, jelas Made, proses pengajuan suaka makan waktu lama. "Memerlukan surat kuasa, dia juga harus ke pengadilan. Tapi sebelum proses berjalan, Nazaruddin bisa dipulangkan. Saya rasa upaya itu tidak bisa terlaksana," tambahnya.

Dia mengatakan KBRI di Bogota mengaku lega Nazaruddin bisa dibawa pulang ke Indonesia. "Semua orang di Indonesia dipusingkan masalah Nazaruddin, kepulangannya sudah diharapkan," kata Made. Selama seminggu ini, pihak KBRI disibukkan masalah Nazaruddin.  

Kolombia menjadi negara terakhir pelarian Nazaruddin. Ia ditangkap di Cartegena, saat hendak terbang ke Bogota, ibukota Kolombia. Nazaruddin mengaku terbang ke Bogota untuk menyaksikan pertandingan Piala Dunia U-20. Kepolisian Kolombia menyatakan Nazaruddin tiba di negara tersebut melalui Bogota. Ia diketahui naik pesawat carter dari Washington, D.C., Amerika Serikat. (kd)

Mamah Dedeh

Sudah Dekati Menantu Namun Masih Berjarak, Apa yang Perlu Dilakuan Ibu Mertua, Ini Kata Mamah Dedeh

Dalam hal ini Mamah Dedeh meminta agar ibu mertua bisa memperlakukan menantu perempuannya bak seperti anak kandungnya sendiri.

img_title
VIVA.co.id
14 Mei 2024