Selama Buron, Nazaruddin Dibantu WN Singapura

Hakim Konstitusi Patrialis Akbar
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Buron tersangka suap wisma atlet Muhammad Nazaruddin dalam pelariannya ternyata tidak sendiri. Selain bersama istrinya, Neneng Sri Wahyuni dan Nazir Rahmat, Nazaruddin juga dibantu seorang warga negara Singapura.

"Berdasarkan info yang kami peroleh di sana, dia dibantu warga negara Singapura bernama Gareth," kata Menteri Hukum dan HAM Patrialis Akbar di Kementerian Hukum dan HAM, Jakarta Selatan, Jumat 12 Agustus 2011.

Apakah Gareth membantu Nazaruddin saat berkomunikasi via layanan Skype bersama aktivis media sosial Iwan Piliang? Patrialis tidak menjawab. 

Pembubaran Ibadah Rosario Mahasiswa Katolik di Tangsel Dinilai Tak Mencerminkan Ajaran Islam

"Yang pasti, saat berkomunikasi lewat Skype, Nazaruddin terdeteksi berada di Republik Dominika. Negara yang menjadi transit sebelum dia bertolak ke Cartagena, Kolombia."

Namun, saat dikonfirmasi apakah Gareth berperan sebagai ahli Teknologi Informasi yang membantu Nazaruddin saat melakukan komunikasi lewat layanan Skype, Patrialis mengaku belum mengetahui secara rinci. Patrialis mengaku sedang terburu-buru karena harus segera ke Istana Negara.

Sebelumnya, Kepala Divisi Humas Polri, Inspektur Jenderal Polisi Anton Bachrul Alam, membenarkan ada dua orang lain bersama Nazaruddin. Dua orang itu yakni, Rahmat Nasir yang merupakan warga negara Indonesia.

Satu orang lainnya yakni, warga negara Singapura, Eng Kian Lim. Tetapi Anton tidak menyebut ada nama Gareth. Nazaruddin, Rahmat Nasir, dan Eng Kian Lim, dibawa bersama satu pesawat carter dari Kolombia ke Jakarta. Mereka dikawal tim gabungan penjemput Nazaruddin dari Kementerian Luar Negeri, Kementerian Hukum dan HAM, Polri, dan KPK.

Orang tua korban saat melapor ke Disdikbud.

Kasus Siswa SD Terancam Buta karena Gagang Sapu di Jombang, Guru Jadi Tersangka

Polisi menetapkan guru sekolah siswa SD di Jombang yang terancam buta karena dilempar gagang sapu oleh temannya usai gelar perkara.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024