Seleksi KPK

Yunus: Yang Intervensi KPK DPR, Bukan SBY

Ketua PPATK Yunus Husein
Sumber :
  • Antara/ Widodo S Jusuf

VIVAnews - Peserta seleksi calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Yunus Husein, menjamin akan bersikap independen bila dirinya terpilih.
"Yang pertama itu independesi harus dipertahankan, peraturan melarang ada intervensi, UU KPK pun demikian," kata Yunus saat diwawancarai Pansel KPK di Jakarta, Senin, 15 Agustus 2011.

Yunus kerap diposisikan sebagai calon yang dekat dengan pemerintahan saat ini, karena ia menjabat sebagai Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) sekaligus Anggota Satgas Pemberantasan Mafia Hukum.  

5 Negara Paling Tidak Ramah Vegetarian di Asia, Ada Korea Selatan dan Jepang

"Kalau intervensi dikaitkan dengan jabatan sebelumnya tidak seluruhnya benar," ujar Yunus. "Kalau Presiden tidak pernah (intervensi), justru DPR. Coba lihat, Nazaruddin itu siapa? Anggota DPR." 

Soal adanya penolakan terhadap dirinya, Yunus menuding ada orang-orang yang sengaja dibayar untuk berdemonstrasi menolak pencalonan dirinya sebagai pimpinan KPK.

"Mereka khawatir saya ada di sana (KPK)," Yunus menerangkan. "Mereka bekerja sama dengan pengusaha tertentu. Memang, saya pernah mengungkap kasus Agus Condro di mana beberapa anggota DPR terlibat. Tapi, kami akan bekerja secara profesional," kata dia. (kd)

Prabowo Gandeng PKB dan Nasdem, Gibran: Ini Bukan Meninggalkan PDIP
Dok. Istimewa

Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono menghadiri Transit Oriented Development (TOD) Investment Forum di Tokyo. Heru lihat penandatanganan tujuh dokumen kerja sama proyek MRT.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024