Menhub Anjurkan Pemudik Motor Naik Kapal

Mudik Lebaran : Pelabuhan Merak, Banten
Sumber :
  • ANTARA/Vega

VIVAnews - Menteri Perhubungan Freddy Numberi mengimbau pemudik bersepeda motor mengubah strategi pulang kampung. Kalau biasanya menyusuri jalan darat, tahun ini mereka diminta menggunakan jalur laut atau kereta api. Langkah ini untuk menekan kecelakaan lalu lintas selama mudik Lebaran.

Catatan Departemen Perhubungan, kecelakaan lalu lintas selama mudik Lebaran, 70 persennya terjadi pada pemudik bersepeda motor. "Jadi lebih baik naik kapal atau kereta api," kata Freddy di Kantor Presiden, Jakarta, Senin 22 Agustus 2011.

Dari perkiraan, kata Freddy, pemudik dengan motor tahun ini akan meningkat 7 persen, sedangkan pemudik dengan kendaraan pribadi naik 6 persen. Freddy menjamin pemudik motor yang naik kapal akan lebih nyaman. Apalagi sejak H-10, pemerintah sudah menambah angkutan penyebrangan, terutama di pelabuhan Merak-Bakauheni.

Kapal-kapal yang disiapkan mengangkut pemudik memiliki kapasitas memadai karena mampu mengangkut 5.000 orang. "Sudah makan gratis. Jadi sore buka puasa di kapal sudah disediakan (takjil)," kata dia.

Pemudik yang memanfaatkan fasilitas angkutan laut, khususnya tujuan Jawa Tengah, kata dia, juga punya keuntungan lain. Begitu kapal bersandar di Tanjung Mas, Semarang, mereka bisa melanjutkan perjalanan ke daerahnya masing-masing tanpa terlalu lelah. "Sebab jaraknya jadi lebih dekat, (naik kapal) memperpendek jarak," kata dia.

Dengan demikian, kata Freddy, upaya ini bisa mengurangi angka kecelakaan lalu lintas. Sementara untuk angkutan truk, sudah dilakukan pembatasan pada H-3 kecuali angkutan sembako. "Yang dua sumbu dilarang beroperasi H+3," ucap Freddy.

Prabowo Gandeng PKB dan Nasdem, Gibran: Ini Bukan Meninggalkan PDIP
Dak Galbi

5 Negara Paling Tidak Ramah Vegetarian di Asia, Ada Korea Selatan dan Jepang

Asia, dengan kekayaan budaya dan ragam kuliner yang mengagumkan, merupakan destinasi impian bagi banyak pelancong. Namun, ada negara yang tidak ramah vegetarian.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024