DPR Kritik Sistem Ranking Calon Pimpinan KPK

Marzuki Alie
Sumber :
  • Antara/ Andika Wahyu

VIVAnews - Ketua DPR Marzuki Alie menyentil pansel KPK yang meranking delapan calon pimpinan KPK. Menurutnya, dengan perankingan itu, seolah kandidat ranking lima hingga delapan hanya pelengkap.

"8 Orang adalah orang-orang yang memang pantas menjadi pimpinan KPK. Artinya kalau tidak memenuhi kuota, jangan dimasukkan sebagai calon pimpinan, tetapi realitanya mereka memasukkan dengan nomor urut, dan nomor 5 sampai terakhir seolah-olah menjadi pelengkap, nah ini kan kurang baik," kata Marzuki di DPR, Senin 22 Agustus 2011.

Menurut Marzuki, tugas pansel mengirimkan nama calon pimpinan KPK sesuai kuota benar-benar memilih yang berkualitas. Bukan asal memenuhi quota. Sehingga, "Ya minimal 8 orang itu kelasnya nggak beda-beda jauh. Itu harapannya, kalau kelasnya jauh yang dimasukkan agar memenuhi kuota, kalau terpilih, ya blunder kita," ujarnya.

Menurut Marzuki, kalaupun ranking delapan yang terpilih tetaplah sah. "Ini tergantung Komisi III yang akan fit and proper test. Bagi saya siapapun yang sudah disodorkan oleh pansel adalah orang-orang pilihan. Saya tidak tahu nanti kalau ada orang yang dipaksakan untuk memenuhi kuota, nah ini yang kurang baik," ujarnya.

Sebelumnya, Pansel sudah mengumumkan delapan nama yang lolos untuk diuji di Komisi III DPR. Pansel meranking delapan nama itu, mereka adalah Bambang Widjoyanto, Yunus Hussein, Abdullah Hehamahua, Handoyo, Abraham, Zulkarnaen, Adnan Pandu Pradja, dan Ariyanto Sutadi.

Anggota Pansel, Rheinald Kasali mengatakan, ranking tersebut dibuat sebagai alat kontrol masyarakat. Menurut dia ranking ini mencari 4 orang bukan cari angka. "Empat top itulah yang top yang diandalkan ini adalah alat kontrol buat masyarakat," kata dia.

Rheinald menambahkan, untuk empat tertinggi pansel berani rekomendasi. "Kalau 5-8 bukan apa-apa karena ada kewajiban undang-undang harus ada 8," ucapnya. (umi)

Zulhas Tepis Anggapan Prabowo Anti Kritik soal Minta Oposisi Tak Ganggu Pemerintah
Presiden terpilih periode 2024-2029, Prabowo Subianto menjelaskan mengenai angka 08 yang selalu identik dengan dirinya.

Prabowo: Gus Dur Dukung Saya dari Langit

Presiden terpilih Prabowo Subianto mengaku mendapatkan endorse atau dukungan dari banyak presiden Indonesia sebelumnya, termasuk Gus Dur, dalam Pemilu Presiden 2024.

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024