Sultan: Jangan Coba Adu Nasib ke Jakarta

Sri Sultan Hamengkubuwono X
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Daya tarik Jakarta bagi warga daerah tidak pernah pudar. Menjelang Lebaran, Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo berulang kali mengingatkan para pendatang untuk tidak coba-coba menetap di Jakarta. Larangan serupa kini disampaikan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X untuk warganya.

Raja Yogya itu meminta warganya yang merantau ke Jakarta, dan telah berhasil tidak membawa saudara-saudaranya ke Jakarta, apalagi jika yang bersangkutan tidak memiliki keahlian.

"Kalau boleh saya berharap jangan membawa saudaranya ke Jakarta saat balik, apalagi jika tidak punya keahlian dan persiapan yang matang," kata Sri Sultan HB X, Jumat, 2 September 2011

Berangkat ke Jakarta tanpa bekal yang memadahi diibaratkan Sultan seperti orang maju perang, namun tanpa senjata.  "Kalau tanpa senjata sebaiknya jangan ikut perang," kata dia.

Senjata yang dimaksud Sri Sultan Hamengku Buwono X adalah kepandaian, seperti keahlian khusus, syukur-syukur jika memiliki ijazah sarjana sehingga selama berada di medan 'perang' mampu bersaing dengan pencari kerja lainnya.

"Kecenderungan masyarakat pergi ke Jakarta untuk mencari pekerjaan. Padahal, mencari pekerjaan di kota besar apalagi Jakarta, tentunya tidak semudah orang membalikkan tangan," katanya.

Meski melarang warganya ke Jakarta, Sultan menyatakan Pemprov DIY tidak akan membuat Surat Edaran khusus soal larangan ini.  ''Saya berharap warga DIY hati-hati pindah ke Jakarta. Kalau tidak punya peluang pasti, lebih baik tidak usah ke Jakarta. Toh di Jakarta tidak mudah mendapat pekerjaan,'' ujarnya.

Sebab di Yogyakarta mereka bisa  hidup 'ayem tentrem' (tenang dan tenteram), sehingga tidak  harus pergi ke Jakarta. Saat ini Yogyakarta masih memiliki peluang kerja yang cukup luas seperti di bidang industri, kehutanan maupun pertanian. Kehidupan masyarakat yang rukun ini, justru bisa membuka peluang kerja bagi masyarakat. ''Guyup masyarakat yang baik ini, bila dikelola dengan baik justru bisa membuka peluang kerja,'' kata Sultan.

Belum Kepikiran Nikah, Ternyata Ini Kriteria Pria Idaman Ghea Indrawari

Laporan Juna Sanbawa|Yogyakarta

Media Gathering PUBG Mobile

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

Selama Bulan Suci Ramadhan 2024 yang baru saja berlalu, pecinta Esport dan gamers disuguhkan berbagai kegiatan oleh PUBG Mobile.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024