Menkes: Dokter Aisha Tidak Diutus Kemkes

Endang Rahayu Sedyaningsih
Sumber :
  • ANTARA/Andika Wahyu

VIVAnews - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Endang Rahayu Sedyaningsih, belum mendapat laporan resmi terkait hilangnya seorang dokter Indonesia yang menjadi relawan di Somalia. Relawan tersebut yang diketahui bernama Aisha Wardhana dikabarkan hilang sejak 30 Agustus 2011.

"Saya belum dapat laporan resminya tentu saja nanti akan koordinasi dengan Kemenlu. Bagaimana baiknya. Sebab yang berhubungan dengan luar tentu perlu berkoordinasi," ujar Endang saat ditemui dalam acara halal bi halal di gedung Kementerian Kesehatan RI, Kuningan, Jakarta, Senin 5 September 2011.

Endang menyampaikan Kementerian Kesehatan tidak dapat memaksa para dokter atau relawan untuk tidak berangkat ke satu negara terkait aksi kemanusiaan. Hal itu karena kegiatan kemanusiaan tersebut bersifat pilihan pribadi. "Itu di luar kami. Jadi tidak resmi dari Kementerian Kesehatan. Itu terserah dari mereka," katanya.

Namun demikian dia tetap mengimbau mereka untuk berhati-hati dan tidak bertindak atas dasar emosianal. Menurutnya, aspek baik buruk perlu diperhatikan dan dipertimbangkan dengan matang. "Ini suatu hal yang tidak bisa dilarang karena ini kerelaan hati mereka. Cuma saya minta mereka berhati-hati karena itu risikonya besar," katanya.

Dia menambahkan jika tidak memungkinkan, masyarakat lebih baik mempercayakan tugas membantu tetangga di luar negeri kepada pemerintah. "Bantuan-bantuan resmi kita selalu jalur resmi tentu saja antar pemerintah," ujarnya. (umi)

Terkuak 5 Kejadian yang Terjadi di Dunia Dikaitkan Ketakutan soal Kiamat
Dinsos Makassar razia dengan mengamankan manusia silver yang mengemis di Jalan Kota Makassar.

Gak Main-main, Manusia Silver di Makassar Bisa Raup Hingga Rp 8 Juta per Bulan

Dinsos Kota Makassar Sulawesi Selatan membeberkan temuannya terkait pengemis di Kota Daeng, salah satunya soal penghasilan manusia silver yang mencapai Rp8 juta per bulan

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024