Organisasi Mahasiswa Tuntut Bubarkan Banggar

Demo HMI Dukung KPK
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Tiga organisasi mahasiswa ekstra kampus, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) dan Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) menuntut pembubaran Badan Anggaran DPR RI.

Mereka menilai, Banggar sudah menjadi sarang para mafia anggaran dan koruptor.

"Bubarkan Banggar DPR. Mereka yang berada di bangku Senayan kini ikut andil merancang sekaligus mengutak-atik anggaran uang haram, sebagai penikmat," kata Lendi Oktapriadi perwakilan dari HMI saat menggelar keterangan pers di TIM, Cikini, Jakarta Pusat, Senin 19 September 2011.

Rendi menilai, kejahatan korupsi di Indonesia dari hari ke hari semakin mengkhawatirkan. Mereka mengatakan dimasa lalu 'kejahatan kerah putih' banyak terjadi di wilayah eksekutif sebagai pemegang kekuasaan anggaran.

Namun kini, persebaran tindak pidana korupsi semakin meluas. Menjamah wilayah legislatif selaku pihak yang menyusun anggaran.

"Situasi inilah yang menurut kami disikapi secara sungguh. Jangan ada rasa takut karena para mafia yang ada di badan anggaran jauh lebih keji dan bengis dari seorang pembunuh," tegasnya.

Mereka menyatakan, pelaku korupsi saat ini justru semakin menjamur. "Mati satu tumbuh seribu. Dan sungguh malang negeri ini, mereka para wakil rakyat yang ada di Senayan yang saat ini mengatas namakan Banggar hanya menjadi surga untuk mafia anggaran," kecam Rendi.

Tiga organisasi mahasiswa itu mencatat, ada sekitar 2,5 persen dana APBN menguap, atau sekitar Rp 1.200 triliun maka ada 30 triliun untuk rakyat diambil oleh para mafia anggaran.Jika angka tersebut bergerak keatas menjadi 10 persen, maka Rp 120 triliun raib dan masuk ke kantong koruptor.

"Mereka yang ada di Badan Anggaran adalah pembuat skenario aliran dana dari hulu," katanya.

Untuk itu, mereka menyampaikan tiga tuntutan. Pertama, bubarkan badan anggaran DPR sekarang juga. Kedua, tangkap dan adili mafia mafia anggaran yang bersarang di DPR. Ketiga, kembalikan uang rakyat sebesar-besarnya untuk keadilan dan kesejahteraan masyarakat. (eh)

Bus Pariwisata Bawa Rombongan SMK Terguling di Ciater Subang, Korban Bergeletakan
Potret unggahan Via Vallen

Via Vallen Berduka, Ayahanda Meninggal Dunia di Sidoarjo

Pedangdut ternama asal Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Via Vallen, tengah berduka. Ayahnya, Muhammad Arifin, meninggal dunia saat dirawat di Delta Surya Sidoarjo

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024