Perusahaan Multinasional Malaysia Butuh TKW

Calon TKI perlihatkan Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri
Sumber :
  • Antara/ Lucky R

VIVAnews -- Tenaga kerja wanita (TKW) asal Indonesia tak hanya bercita-cita memperbaiki kesejahteraan dengan cara menjadi pembantu rumah tangga di negeri orang.

Sebuah perusahaan multinasional, Seagate, di Penang, Malaysia, membuka peluang kerja untuk 180 TKI formal wanita. Perusahaan tersebut memproduksi hard disk untuk komputer dan iPad.

Kebutuhan ini disampaikan langsung oleh Managing Director Inter Resources Consulting (IRC) Global Search (M) Sdn Bhd, Malaysia, Michael Heah dalam forum rapat bersama , Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI).

Menurut Direktur Pelayanan Penempatan Pemerintah BNP2TKI, Haposan Saragih, ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan nota kesepahaman penempatan TKI program Government to Private (G to P) antara BNP2TKI dengan IRC Global Search (M) Sdn Bhd, Malaysia, yang dilakukan di Jakarta pada 22 Desember 2010 lalu.

Bagi calon TKI yang berminat, persyaratannya adalah: perempuan, tinggi badan minimal 150 cm, usia 18 – 40 tahun, pendidikan serendah-rendahnya lulusan SLTP dan yang sederajat, menyerahkan foto copy KTP dan foto ijazah pendidikan, serta mengisi formulir pendaftaran kerja yang dapat dilakukan di Kantor BP3TKI di Medan, Serang, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, dan Surabaya.

Sebagian kuota telah terisi, namun, "mengingat masih adanya peluang untuk memenuhi kuota 180 orang itu, maka pendaftaran dibuka kembali pada setiap jam kerja sejak 22 September – 5 Oktober 2011," papar Haposan dalam rilis yang diterima VIVAnews.com, Jumat 23 September 2011.

Seleksi TKI untuk Perusahaan Industri Seagate Penang, Malaysia, ini tidak dipungut biaya. Biaya pengurusan dokumen menjadi sementara menjadi tanggungan TKI, akan diganti setelah tiga bulan bekerja.

"Para TKI ini nantinya akan melakukan kontrak kerja selama dua tahun dan kemudian dapat diperpanjang bilamana kedua belah pihak sepakat dengan kontrak kerja baru," kata Haposan.

TKW terpilih akan memperolegh gaji lumayan. Untuk kontrak kerja pada dua tahun pertama, TKI akan menerima gaji bersih kurang lebih 750 Ringgit Malaysia atau sekitar Rp2,1 juta. "Selain gaji, TKI juga diasuransikan. Selama menjalani kontrak kerja di Perusahaan Industri Seagate Penang,  Malaysia, TKI akan tinggal di asrama dan tidak dikenakan biaya." (umi)

Indonesia Vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23, Arab Saudi Tersingkir
Polisi bekuk pelaku begal yang bacok siswa SMP di Depok

Begal di Depok Nekat Beraksi Siang Bolong demi Beli Sabu

Begal itu menyasar pelajar dan perempuan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024