Kemenakertrans Disorot, Ini Kata Muhaimin

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar
Sumber :
  • Antara/ Rosa Panggabean

VIVAnews - Sejumlah kasus yang melanda Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi membuat instansi pimpinan Muhaimin Iskandar ini menjadi sorotan publik. Mulai dari penanganan tenaga kerja Indonesia (TKI) sampai dugaan korupsi.

Muhaimin mengutarakan tiga penyebab utama mengapa Kemenakertrans menjadi sorotan publik. Ditemui di Rumah Sakit Polri, Jumat 23 September 2011, Muhaimin menjabarkan satu persatu.

Pertama, kata dia, kualitas sumber daya manusia Indonesia. "Dari sisi pendidikan, 50 persen (TKI) masih berpendidikan sekolah dasar," kata dia usai menjenguk sejumlah TKI yang dirawat di rumah sakit tersebut. Muhaimin mengaku tengah berkoordinasi dengan Kementerian Pendidikan Nasional agar angka ini berubah. Semoga, imbuhnya, 2012 TKI lulusan SD turun 20 persen.

Kedua, masalah hubungan tenaga kerja. Kemenakertrans, menurutnya, berkali-kali mengumumkan larangan kerja ke sejumlah negara karena kerapnya kekerasan terjadi atas TKI. "Kami sudah umumkan sejak tahun lalu, TKI tidak boleh berangkat ke Yordania. Tapi, kenapa masih ada saja yang berangkat? Ini harus diperketat lagi."

Terakhir, investasi yang ada di Indonesia kurang menyerap tenaga kerja. "Supaya mereka (TKI) tidak bekerja lagi ke luar negeri."

Namun, Muhaimin tidak mau berkomentar saat ditanya dugaan korupsi yang melanda institusi pimpinannya serta rencana reshuffle kabinet. Dia hanya tersenyum. (adi)

Bikin Mewek, Megumi Masih Ingat Saat Desta dan Natasha Rizky Berantem
Calon penumpang kereta cepat Whoosh. [dok. PT KCIC]

20 Ribu Lebih Tiket Whoosh Ludes Terjual pada Long Weekend Kenaikan Yesus Kristus

Jumlah tiket kereta cepat Whoosh yang terjual diprediksi akan terus meningkat,

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024