BNPT: Pengebom Solo Mirip Buron Bom Cirebon

Hayat, buron bom Cirebon, diduga pelaku bom Solo
Sumber :
  • VIVAnews/Reza Putra

VIVAnews - Selasa besok, polisi manyatakan akan mempublikasikan identitas pengebom bunuh diri di Gereja Bethel Injil Sepenuh (GBIS) Kepunton, Solo, Jawa Tengah, Minggu 26 September 2011. Polisi mengakui wajah pelaku mirip dengan buron dalam kasus bom di masjid Mapolresta Cirebon, April lalu; yang juga merupakan bom bunuh diri.

"Belum tahu, tapi memang ada kemiripan," kata Deputi Bidang Penindakan dan Pembinaan Kemampuan, Badan Nasional Penanggulangan Teror (BNPT), Brigadir Jenderal Pol. Tito Karnavian, kepada VIVAnews.com.

Sayang, Tito tidak menyebutkan pelaku bom Solo ini mirip buron Cirebon yang mana. Polisi menetapkan 10 buronan teroris dalam kasus bom Cirebon.

Kisah Sukses di Usia Emas, Mom Selly dan Perjalanan Kariernya di Industri Pertambangan

Polisi juga belum dapat mengambil kesimpulan jenis peledak yang digunakan di Solo. Belum bisa dipastikan apakah juga menggunakan bom pipa seperti yang digunakan di Cirebon.

Tetapi, mantan Kepala Detasemen Khusus 88 Mabes Polri ini membenarkan sinyalemen bahwa bom Solo terkait dengan komplotan M. Syarif, pelaku bom bunuh diri di Markas Polresta Cirebon.

"Iya, itu berkaitan bom Cirebon. Tapi, masih di duga ya, kan harus ada tes, sidik jari, identifikasi jenazah, dan lainnya. Jadi, kami belum bisa memberi kesimpulan," kata Tito.

Tito juga belum bisa memastikan apa motif peledakan bom yang menewaskan dua orang itu; satu di antaranya adalah pelaku bom bunuh diri. "Kami belum tahu apa motifnya, masih diselidiki," kata dia.

Soal apakah pelaku bernama Ahmad Yosepa Hayat alias Ahmad Abu Daud alias Raharjo alias Hayat, yang notabene merupakan salah satu buron bom Cirebon, Tito mengatakan, "Belum tahu." 

Wajah pelaku bom Solo yang telah dirilis mirip dengan salah satu buron bom Cirebon, Ahmad Yosepa Hayat. Selengkapnya, baca di sini. (kd)

Wow! Ada Senjata HS Kaliber 9 Mm di Dalam Mobil Polisi yang Tewas di Mampang Jaksel
Keluarga Parto

Parto Patrio Rela Nahan Sakit Demi Tepati Janji Liburan Keluarga ke Bali

Eko Patrio juga bersyukur penyakit batu ginjal yang diderita oleh Parto belum menjalar ke mana-mana atau membahayakan organ lainnya.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024