Tifatul: Internet Bukan Akar Terorisme

Foto korban bom di Gereja Solo
Sumber :

VIVAnews - Menteri Komunikasi dan Informatika, Tifatul Sembiring mengatakan kementeriannya telah memblokir 300 situs yang dianggap mengajarkan radikalisme. Namun, kata dia, internet bukanlah akar radikalisme yang bisa membuat seseorang menjadi teroris.

"Menurut saya, akar radikalisme itu bukan karena mengakses situs. Tidak ada orang menjadi teroris karena membuka situs, nggak ada, boleh dibuktikan," kata Tifatul di Jakarta, Kamis 29 September 2011.

"Kalau orang gara-gara buka situs jadi teroris, itu semua blogger bisa jadi teroris semua, buktinya nggak."

Menurut dia, seseorang menjadi teroris itu karena kesalahan dalam memahami sebuah ajaran. "Orang jadi teroris itu karena kekeliruan, salah memahami ajaran agamanya. Tidak ada ajaran Islam yang memperbolehkan kita menyerang tempat ibadah," kata dia.

Selama ini, internet dianggap sebagai sarana jitu untuk menyebarkan faham radikalisme. Dalam peristiwa bom bunuh diri di Gereja Bethel Injil Sepenuh, Solo, Jawa Tengah pada Minggu 25 September, pelaku Ahmad Yosepa Hayat sempat mengakses internet sebelum beraksi. Hayat diketahui mengakses sejumlah situs internet.

Terkait hal itu, Tifatul mengaku belum ada permintaan dari Kepolisian untuk menyelidiki pesan-pesan Hayat di internet. "Itu urusan polisi yang menyelidiki. Belum ada permintaan, polisi kan punya alat juga," kata dia.

Namun demikian, lanjut dia, pihaknya tetap berkoordinasi dengan aparat penegak hukum untuk mengawasi situs-situs yang dianggap radikal itu. Namun yang jelas, jaringan teroris mempunya jaringan yang menggerakkan.

"Yosepa itu meledakkan bom bukan karena situs di warnet. Itu ada struktur yang mengelola, itu tugas polisi yang membongkarnya. Siapa yang memerintahkan, biayanya dari mana, dan siapa yang mendoktrin." (adi)

Dharma Polimetal Tebar Dividen 2023 Rp 171,29 Miliar, 28 Persen dari Laba Bersih
Brandon Salim

So Sweet! Perjuangan Brandon Salim Berangkat ke Jepang Demi Lamar Kekasih

Kabar bahagia datang dari aktor muda sekaligus putra dari Ferry Salim, Brandon Salim. Pada 23 April 2024, Brandon telah resmi melamar sang kekasih, Dhika Himawan.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024