Panglima: Tugas Satgas Kizi di Haiti Berat

Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono
Sumber :
  • Antara/Widodo S. Jusuf

VIVAnews - Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, melepas Satgas Kizi TNI Kongan XXXXII-A/Minustah (Mission des Nation Unies Pour la Stabilisation en Haiti) yang akan bertugas dalam misi perdamaian PBB di Haiti.

Menurut Agus, selain untuk misi perdamaian, Satgas TNI juga akan diperbantukan dalam misi pemulihan pasca bencana gempa bumi yang mengguncang Haiti, Januari 2010 lalu.

"Penugasan dalam rangka rekonstruksi pasca gempa bumi di tahun 2010. Tugas ini tidak ringan karena di tengah-tengah konflik antar faksi," kata Panglima TNI Agus Suhartono di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Senin, 3 Oktober 2011.

Disamping itu, Panglima TNI menyatakan, penugasan ke Haiti merupakan bukti kepercayaan PBB. Dalam hal ini Department Peace Keeping Operation (DPKO) dan komunitas dunia Internasional terhadap skill dan profesionalisme TNI dalam operasi perdamaian atau pemulihan keamanan dibawah bendera PBB.

Dilanjutkan Panglima, pasukan Satgas yang terdiri dari 167 orang, masing-masing 143 personel TNI AD, 21 personel TNI AL dan 3 personel TNI AU akan bergabung dengan ribuan komponen anggota perdamaian PBB di Haiti lainnya. Masa tugas, hingga satu tahun ke depan.

Pemberangkatan dilakukan dengan tiga tahapan yaitu, pada 11 Agustus 2011 untuk pengiriman perlengkapan menggunakan kapal laut berawak 3 personel. Tangggal 8 September pemberangkatan 16 personel yang bertugas melakukan penyiapan basecamp dan akomodasi.

Dan, tanggal 3 Oktober untuk pelepasan main body terdiri atas 148 orang menggunakan UN Chartered Flight dari Bandara Halim Perdana Kusuma.

Pasukan perdamaian asal Indonesia ini sebelumnya telah dibekali kemampuan tugas vertical construction dan horizontal construction dalam rangka mendung dan mensukseskan tugas Minustah di Haiti. (umi)

Bikin Orgasme Suami, Sentuh G-Spot Rahasianya Ini, Otomatis Bakal Puas di Atas Ranjang
Bank Sumut dan UGM berkolaborasi tingkatkan SDM unggul di Sumut.(dok Bank Sumut)

Bank Sumut Gandeng UGM Bangun Pendidikan di Sumatera Utara

kerjasama ini, merupakan rangkaian kegiatan dari acara Halal bihalal dan Temu Kangen Keluarga Besar Alumni Universitas Gadjah Mada (KAGAMA) di Sumatera Utara.

img_title
VIVA.co.id
15 Mei 2024