KPK Pernah Tanyakan Dana Robert ke Budi Mulya

Robert Tantular di Kejakgung
Sumber :
  • ANTARA/Yudhi Mahatma

VIVAnews - Kasus Bank Century memasuki babak baru saat mencuatnya informasi bahwa mantan pemilik bank tersebut, Robert Tantular mengalirkan dana Rp1 miliar kepada Deputi Gubernur Bank Indonesia, Budi Mulya. Menurut pengacara Robert, masalah ini juga pernah ditanyakan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Saat itu, pemeriksaan pada 20 September," kata pengacara Robert, Triyanto, dalam perbincangan dengan VIVAnews.com, Rabu 5 Oktober 2011.

Penyidik, kata dia, menanyakan perihal uang tersebut untuk apa. "Bagaimana kok bisa memberikan uang. Lalu, apakah uang itu mempengaruhi FPJP (Fasilitas Pendanaan Jangka Pendek)," jelasnya mengutip pertanyaan penyidik.

Nagita Dihujat Karena Suka Kasih Makanan Sisa, Begini Pembelaan Raffi Ahmad

Dalam pemeriksaan itu, kata dia, Robert membantah jika uang yang dialirkan terkait pinjam meminjam itu mempengaruhi proses FPJP Bank Century.

Menurut Triyanto, dana yang dipinjamkan Robert ke Budi diambil dari kas perusahaan properti milik kliennya PT Central Budi Indah (CBI). "Perusahaan ini sudah lama berdiri, puluhan tahun," kata dia.

Di Balut Kabut Putih Rimba Papua, Pasukan Operasi TNI Evakuasi Mayat Alex yang Ditembak Mati OPM

Bahkan, dia menambahkan, PT CBI lebih dulu dimiliki Robert, baru setelah itu ada Bank Century.

Sebelumnya, Bank Indonesia telah menyelidiki laporan dugaan aliran dana dari mantan pemilik Bank Century, Robert Tantular kepada Deputi Gubernur Bank Indonesia Budi Mulya itu. Dalam Rapat Dewan Gubernur, Budi Mulya mengaku aliran dana itu dilakukan dalam hubungan pribadi, urusan pinjam-meminjam, tidak ada hubungannya dengan Fasilitas Pendanaan Jangka Pendek.

"Kami mendengar yang bersangkutan (Budi Mulya) mengatakan dana itu urusan pribadi, pinjam-meminjam, tidak ada kaitannya dengan FPJP," kata Kepala Biro Humas Bank Indonesia Difi A Johansyah. (art)

Marselino Ferdinan Dihujam Cibiran, Coach Justin Beri Pesan Penting
BaliSpirit Festival 2024.

3 Alasan Wajib Dateng ke BaliSpirit Festival 2024, Nikmati Musik Sambil Tenangkan Pikiran

Bagi kamu yang berencana liburan ke Bali sambil merasakan sensasi senam Yoga, mungkin tidak ada salahnya untuk datang ke event tahunan Bali yakni BaliSpirit Festival 2024

img_title
VIVA.co.id
4 Mei 2024