Nyoman, Pesepeda Ontel di Depan SBY Tertekan

Nyoman, pesepeda ontel di depan Presiden SBY
Sumber :
  • VIVAnews/ Bobby Andalan

VIVAnews - Keluarga, tetangga, dan aparat desa menjaminkan diri agar Nyoman Minta tak ditahan. Nyoman, yang berusia sekitar 60 tahun, menjalani pemeriksaan sampai larut malam setelah insiden nyelonong di depan podium Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam acara ASEAN Fair di Nusa Dua, Bali, kemarin.

"Saya siap menjaminkan diri. Saya yakin, dia tidak ada indikasi untuk melakukan sesuatu terhadap Presiden," kata Wayan Solo, Lurah Tanjung Benoa, lokasi tempat tinggal Nyoman di Bali, Selasa 25 Oktober 2011.

Nyoman Minta tinggal di Kampung Banjarceluk, Desa Mumbul, Kelurahan Tanjung Beno, Kecamatan Kuta Selatan, Bali. Wayan Solo dan sejumlah warga yang ada di kampung ini menolak memberitahu di mana posisi rumah Nyoman Minta.

Wayan yakin, Nyoman Minta tidak akan bertindak jahat saat melintas di depan SBY. Nyoman yang tidak bisa membaca dan menulis itu hanya melakukan pekerjaan rutin sehari-hari.

Insiden yang membuat heboh Pasukan Pengamanan Presiden itu terjadi usai SBY membuka ASEAN Fair di kompleks Nusa Dua, Bali, Senin kemarin 25 Oktober 2011. Nyoman melenggang melintas di depan podium SBY, jaraknya sekitar 5 meter.

"Dia memang biasa membersihkan di situ sambil nyambit rumput. Lalu rumputnya dibawa pulang untuk pakan ternak," kata Wayan. Nyoman Minta merupakan petugas Dinas Kebersihan dan Pertamanan dari Bali Tourism Development Corporation (BTDC).

Kejadian berlangsung saat SBY sedang asyik menyaksikan akrobat pesawat. Pangdam Udayana Mayjen TNI Leonard Louk dan Kapolda Bali Inspektur Jenderal Polisi Totoy Herawan Indera langsung turun tangan. Nyoman pun langsung disergap.

"Secara psikologis dia tertekan, dia sampaikan itu," kata Wayan yang mendampingi Nyoman menjalani pemeriksaan semalam di Polsek Kuta Selatan. Usai insiden pagi hari, Nyoman terus mendapatkan pengawalan ketat petugas.

Dia lalu diminta merekonstruksi untuk mengetahui bagaimana caranya dia bisa lolos pengamanan ring I presiden. Malam harinya, Nyoman harus menjalani pemeriksaan di kantor polisi. (Laporan: Bobby Andalan | Bali, umi)

Tokoh Agama Papua: Jangan Ikut Ajakan Sesat Aksi Demo 1 Mei, Pihak Tidak Bertanggungjawab
Rizky Nazar

Usai Ramai Digosipkan Selingkuh, Rizky Nazar Minta Maaf

Belakangan ini ramai diperbincangkan hubungan asmara Rizky Nazar dan Syifa Hadju yang diduga kandas akibat Salshabilla Adriani. Hal ini berawal dari potongan video mereka

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024