Surono: Magma Merapi Sudah Terisi Lagi

Erupsi Merapi
Sumber :
  • ANTARA/Wahyu Putro

VIVAnews - Setahun pasca erupsi pada akhir 2010 lalu, kini kantung magma dalam tubuh gunung Merapi sudah kembali terisi.  Proses terisinya kembali kantung magma itu dinilai sangat cepat,  lebih cepat dibandingkan pengisian magma sejumlah gunung api di Jepang.

"Magma di dalam Merapi saat ini sudah terisi kembali. Sangat cepat dibandingkan letusan di Jepang," kata Kepala Badan Vulkanologi Mitigasi Klimatologi dan Geologi (BVMKG), Surono, saat ditemui VIVAnews, usai mengisi workshop yang bertema Lesson learned from the 2010 merapi eruption di Hotel Phonic Yogyakarta, 1 November 2011.

Mbah Rono, sapaan Surono, menjelaskan bahwa setahun setelah letusan, dapur magma dalam tubuh Merapi sempat mengempis. "Kini Merapi sudah mulai mengelembung lagi. Artinya dapur magma yang ada dalam (tubuh Merapi) itu sudah mulai terisi lagi," ujarnya.

Menurut Mbah Rono, karakter gunung Merapi sekarang tidak sama kondisinya seperti erupsi tahun 2006 atau letusan-letusan Merapi sebelumnya. Saat itu, sebuah letusan diakhiri oleh pembentukan kubah.

"Sekarang foto satelit menunjukan tidak ada kubah yang signifikan. Kita tidak tahu persis apa yang terjadi pada Merapi 4 atau 6 tahun kedepan," tutur Surono. "Dalam sistem mitigasi akan kami pantau terus-menerus," lanjut ahli vulkanologi lulusan Université Joseph Furier, Gronable, Perancis ini.

Surono menambahkan bahwa ahli gunung api dari Jepang mengatakan ada suatu metoda untuk mengestimasi berapa jumlah magma yang ada dalam tubuh merapi. "Dia mengatakan bahwa  sesudah erupsi Merapi tahun 2010 lalu tidak dilakukan estimasi seperti itu," tambahnya.

Sementara itu, sekarang pihaknya telah memasang 4 GPS untuk monitoring gunung merapi, 3 diatas (kawasan puncak merapi), 1 di Jogja atau dibawah. "Ke depan, Merapi akan dipantau lebih baik. Jumlah magmanya bisa terdeteksi dalam tubuh gunung Merapi itu. Bisa diketahui lebih awal," tandasnya.

Laporan: Erick Tanjung | DIY

Soal Peluang Ajak Jokowi Gabung ke PAN, Zulhas Berkelakar: Pak Jokowi Owner 
Ganjar Pranowo bersama para relawan pendukungnya.

Balas Prabowo, Ganjar Ingatkan "Yang Kerja sama Saja Bisa Ganggu"

Ganjar Pranowo merespons pernyataan Prabowo Subianto tentang pihak yang tidak mau diajak kerja sama agar jangan mengganggu pemerintahannya pada periode 2024-2029.

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024