Polri Perjuangkan Dana Operasional di Papua

Kapolri Jenderal Polisi Timur Pradopo
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Kapolri Jenderal Polisi Timur Pradopo mengatakan akan mengevaluasi anggaran lembaganya. Kebutuhan operasional polisi harus dipenuhi untuk menghindari penerimaan dana dari pihak lain.

"Saya kira semua menjadi evaluasi bagi kita bagaimana melengkapi, kemudian memenuhi kebutuhan. Tentunya nanti kita anggarkan," kata Timur di Jakarta, Jumat 4 November 2011.

"Sekali lagi itu yang bisa kita lakukan yang optimal untuk mendukung operasi, khususnya di tempat-tempat sulit."

Menurut Timur, upaya meminta tambahan anggaran itu telah diajukan ke legislatif. Sementara itu, Polri sendiri saat ini berupaya memaksimalkan anggaran yang telah diberikan oleh negara. "Yang menjadi prioritas, terutama Papua, untuk bisa mendukung kebutuhan minimal yang dibutuhkan oleh anggota," kata dia.

Terkait penerimaan dana dari PT Freeport Indonesia untuk polisi di Papua, Timur mempersilakan pihak lain mengauditnya. Untuk menjaga kepercayaan publik, auditor eksternal itu diminta untuk mengumumkannya ke masyarakat. "Mau KPK, BPK, silakan. Artinya audit eksternal ya, kalau Polri kan internal," ujarnya.

Tekuk Korea Selatan, Rafael Struick: Ayo Kita ke Paris dan Ciptakan Sejarah Lagi!

Sebagaimana diketahui, setiap anggota polisi yang menjaga aset PT Freeport di Papua mendapat jatah Rp1,25 juta per bulan. Tak hanya polisi, anggota TNI juga mendapat jatah yang sama. Selain untuk anggota polisi, dana dari Freeport juga untuk membangun sarana keamanan di Papua. Dana yang diberikan mulanya diperkirakan sebesar US$14 juta.

Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri, Kombes Pol Boy Rafli Amar mengatakan anggota polisi di Papua karena kondisinya berbeda dengan daerah lain. Menurut Boy, untuk operasi di Papua memang memerlukan dana yang lebih besar dari daerah lain.

Dia menambahkan, dari anggaran Rp30 triliun yang diberikan oleh negara, hanya sekitar Rp4,2 triliun yang dialokasikan untuk biaya operasional. Sementara sekitar 70 persen anggaran itu hanya habis untuk belanja pegawai. Selengkapnya, baca: Alasan Polri Terima Dana dari PT. Freeport. (umi)

Shin Tae-yong: Pelatih Timnas yang Juga Mahir Kendarai Truk dan Mobil Setir Kanan
Pemandangan Gunung Kembang, Wonosobo, Jawa Tengah.

Nyamannya Naik Gunung Terbersih di Indonesia

Menghirup udara segar plus menikmati indahnya alam pengunungan, kebersihan menjadi salah satu faktor terpenting. Dan paket lengkap itu bisa ditemukan di Gunung Kembang.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024