Bayi Tanpa Dinding Perut Kelainan Genetik

Bayi tanpa dinding perut di Majalengka
Sumber :
  • VIVAnews/Reza Putra

VIVAnews - Sri Nurjanah, ibu yang berusia 19 tahun ini tidak menyangka anak pertamanya dari pernikahan dengan Ajat Herawan terlahir tidak normal. Bayi yang lahir dua hari lalu di Majalengka, Jawa Barat itu tidak memiliki dinding perut. Alhasil, organ-organ dalam terburai keluar dan perlu mendapat penanganan khusus.

Apa yang menjadi penyebab utama lahirnya bayi tanpa dinding perut? Menurut Dokter Instalasi Gawat Darurat RS Umum Daerah Majalengka, Jawa Barat, dokter Dudi AH, salah satu dugaan utama adalah faktor genetik.

"Jenis penyakit ini berasal dari genetika sang ibu," kata dokter Dudi AH. Menurut dia, secara medis penyakit yang diderita bayi laki-laki itu bernama suspect omvalocel illiaca.

Dudi melanjutkan, kelainan genetik mengakibatkan gangguan pada pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam rahim, terutama saat pembentukan jaringan pada abdomen atau perut.

"Jaringan pada abdomen dan tali pusat tidak berkembang normal. Sehingga, ada sel-sel yang keluar," kata Dudi. Akibat kondisi ini sang ibu mengalami preeklampsia seperti hipertensi kehamilan, bengkak paru, sesak nafas dan diabetes militus saat menjelang hingga persalinan.

Sri berharap, dokter yang merawat bayinya bisa berbuat maksimal. "Bayi ini anak pertama. Kami pasrah saja. Mudah-mudahan diberi kekuatan," kata Sri. (Laporan: Reza Putra | Cirebon, umi)

Motif TikToker Galih Loss Buat Konten Penistaan Agama Terkuak, Ternyata Buat Cari Endorse
Rizky Nazar

Bantah Selingkuh, Rizky Nazar Tantang Netizen Buktikan Video Ciuman dengan Salshabilla Adriani

Kabar dugaan perselingkuhan Rizky Nazar dan Salshabilla Adriani menghebohkan publik hingga menjadi trending topik di media sosial. Bagaimana tidak, banyak netizen geram.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024