Polri Tak Tahu Nunun Dibeking Pengusaha

Foto Nunun Nurbaeti dalam persidangan Panda Nababan
Sumber :
  • ANTARA

VIVAnews - Markas Besar Polri tidak mengetahui bila buron kasus suap cek pelawat yang juga mantan istri Wakil Kapolri Komisaris Jenderal Purnawirawan Adang Daradjatun, Nunun Nurbaeti Daradjatun, mendapat perlindungan dari pihak tertentu di luar negeri. Polri mengaku masih bersikap profesional.

"Oh, kami tidak tahu kalau ada semacam itu. Kami tidak mengerti," kata Kepala Divisi Humas Markas Besar Polri, Inspektur Jenderal Polisi Saud Usman Nasution.

Menurut Saud, Polri bertindak profesional dan sesuai prosedural dalam memburu Nunun Nurbaeti. Polri juga masih melakukan kerjasama dengan kepolisian negara-negara asing untuk menangkap tersangka suap pemilihan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia 2004 itu.

"Yang jelas kami profesional dan prosedural dalam menempuh aturan internasional yang ada, yaitu melalui interpol," kata mantan Kepala Datasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri ini.

Saud menegaskan, Polri masih menunggu perkembangan dari rekan-rekan kepolisian negara asing. Polri juga akan meminta bantuan negara lainnya bila menemukan buron yang sesuai dengan ciri-ciri istri anggota Komisi III Bidang Hukum DPR dari Fraksi PKS itu.

"Kami akan meminta bantuan polisi setempat untuk melakukan penangkapan sebagaimana diminta KPK sebagai penyidiknya," kata Saud.

Kemarin, juru bicara KPK Johan Budi mengatakan, berdasarkan keterangan Ketua KPK Busyro Muqoddas, Nunun dilindungi oleh seseorang yang berpengaruh. "Kata Pak Busyro, (Nunun dilindungi) pengusaha dari luar negeri,” kata Johan di Kantor KPK, Jalan Rasuna Said, Jakarta Kamis 24 November 2011.

Foto mirip Nunun Nurbaeti tiba-tiba tertangkap kamera sedang berjalan-jalan di sebuah pusat perbelanjaan di Singapura. Menurut dokter Andreas Harry, mantan pasiennya itu memang dianjurkan untuk tidak hanya berdiam saja.

"Dari rekomendasi medis yang saya berikan, ibu tetap harus beraktivitas. Soal dia dilarang ke luar negeri saya tidak mengerti, tapi dia memang harus terus beraktivitas," kata dr Andreas saat dihubungi VIVAnews.com, Kamis 24 November 2011. (sj)

Shin Tae-yong: Pelatih Timnas yang Juga Mahir Kendarai Truk dan Mobil Setir Kanan
Penyerang Timnas Indonesia U-23 Rafael Struick

Tekuk Korea Selatan, Rafael Struick: Ayo Kita ke Paris dan Ciptakan Sejarah Lagi!

Penyerang Timnas Indonesia U-23 Rafael Struick meluapkan kegembiraan usai mengalahkan Korea Selatan 11-10 lewat adu penalti dalam perempatfinal Piala Asia U23 Jumat 26/4.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024