Gunung Lokon Meletus, Aktivitas Warga Normal

Gunung Lokon, Sulawesi Utara, meletus
Sumber :
  • Antara/ Basrul Haq

VIVAnews - Gunung Lokon yang berada di Kota Tomohon, Sulawesi Utara, kembali meletus. Getaran akibat letusan ini dirasakan hingga 5 kilometer.

Meskipun terjadi letusan Gunung Lokon yang berstatus siaga (Level III), pantauan VIVAnews.com, pagi ini, Selasa 27 Desember 2011, warga yang berada di Kota Tomohon masih beraktivitas seperti biasa.

Sebelumnya, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, mengatakan Gunung Lokon meletus sekitar pukul 03.07 WITA dengan dentuman dan getaran yang dirasakan di Pos Gunung Lokon.

"Pukul 03.07 WITA Gunung Lokon meletus dan terdengar dentuman serta getaran dirasakan di Pos Gunung Lokon," kata Sutopo dalam keterangan yang diterima VIVAnews.com, Selasa 27 Desember 2011.

Seperti diketahui, Gunung Lokon ini terakhir meletus pada 26 Oktober 2011. Dengan letusan ini, BPBD Sulawesi Utara terus berkoordinasi dengan PVMBG Badan Geologi dan aparat pemerintah lainnya dalam melakukan antisipasi terkait peningkatan aktivitas Gunung Lokon.

Menurut sejarahnya, Gunung Lokon pernah meletus dahsyat pada 1991. Pada saat itu, seorang pendaki gunung asal Swiss menjadi korban keganasan Lokon. Ia tewas dan jasadnya tak ditemukan, karena tertimbun debu. Tak hanya itu, ribuan warga harus merelakan rumahnya terlahap lahar. (Laporan: Roger Wenas | Sulawesi Utara, art)

Kisah Mualaf Jorvan Vieira Pelatih Timnas Irak yang Berhasil Membawa Timnya Menjuarai Piala Asia
Kiper Dallas FC, Maarten Paes

Niat Mulia Maarten Paes untuk Timnas Indonesia

Maarten Paes, resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) setelah melakukan pengambilan sumpah di Jakarta, Selasa 30 April 2024. Ini niat mulia kiper FC Dallas tersebut.

img_title
VIVA.co.id
2 Mei 2024