VIDEO: Kepanikan Warga Gunung Gamalama

Banjir Lahar dingin gunung gamalama
Sumber :
  • ANTARA/Achunk

VIVAnews - Hujan deras yang mengguyur Kota Ternate, Provinsi Maluku selama lebih dari tiga jam memicu banjir lahar dingin dari sisa material vulkanik Gunung Gamalama, Selasa malam 27 Desember 2011. Akibatnya, 3 warga tewas akibat terseret lahar dingin.

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Maluku Utara, Arif Armain, ketiga korban adalah satu keluarga dari Kelurahan Tobu, Ternate Utara. Tiga korban tewas itu adalah Iskandar Kasim (38), Galang Iskandar (8), dan Iga (10).

Selain korban tewas, banjir lahar dingin juga menyebabkan lima warga menderita luka-luka. Saat ini, mereka dirawat di RSUD Ternate. Selain itu, ribuan warga juga mengungsi.

Banjir lahar dingin ini juga menyapu 10 rumah penduduk di Kelurahan Tobu. "Pagi ini, kami akan verifikasi ulang jumlah kerusakan dan korban akibat banjir ini," ujar Arif.

Lihat kepanikan warga saat terjadi banjir lahar dingin di Kota Ternate di video ini.

Menurut Arif, pihaknya dan Gubernur Maluku Utara sudah menyalurkan bantuan kepada para korban dan pengungsi. Bantuan berupa tikar, tenda, dan makanan. "Dan sampai tadi malam tidak ada masalah dalam penyaluran bantuan ini," ujarnya.

Soal potensi banjir lahar dingin pernah diungkapkan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho. "Potensi banjir lahar dingin semakin meningkat seiring bertambahnya curah hujan," kata dia.

Masyarakat diimbau menjauhi Kawasan Rawan Bencana III dan II dari ancaman guguran lava serta awan panas. Ancaman lahar dingin ini berada di Kawasan Rawan Bencana I.

Gunung Gamalama meletus pada 4 Desember 2011 sekitar pukul 22.25 WIB. Saat letusan terjadi, suasana di Maluku Utara sedang hujan dan mati listrik. Meski demikian, tidak ada laporan kerugian materi akibat letusan gunung ini.

Letusan itu sempat membuat jalur penerbangan komersial Manado-Ternate terganggu. Pada Minggu 11 Desember 2011, akhirnya penerbangan Manado-Ternate dibuka kembali. (art)

Potret Cantiknya Mahalini di Momen Akad Nikah, Pakai Siger Sunda
Istimewa

Rekan Kerja Ungkap Detik-detik Pekerja di Stasiun LRT Kuningan Jatuh saat Bekerja

Seorang pekerja LRT jatuh ketika tengah bekerja memperbaiki atap jalur LRT. Salah satu rekannya mengungkap detik-detik sebelum pekerja LRT di Stasiun Kuningan itu jatuh.

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024