Besok, TPF Mesuji Panggil Tiga Perusahaan

Mayjen (Purn) Saurip Kadi dan Trubus, warga Mesuji, Lampung, di DPR
Sumber :
  • ANTARA/Yudhi Mahatma

VIVAnews - Tim Gabungan Pencari Fakta kasus Mesuji akan memanggil tiga perusahaan yang berada di lokasi di sekitar wilayah Mesuji, Lampung dan Sumatera Selatan.

"Besok pagi sampai menjelang Jumatan mereka akan kami panggil," kata Ketua Tim Pencari Fakta kasus Mesuji, Denny Indrayana usai Catatan Akhir Tahun Pemberantasan Mafia Hukum di Indonesia di Gedung UKP4, Jakarta, Kamis 29 Desember 2011.

Ketiga perusahaan itu yakni PT Silva Inhutani dari Register 45 Lampung, PT Barat Selatan Makmur Investindo (BSMI) dari Desa Sri Tanjung Lampung, dan PT Sumber Wangi Alam (SWA) dari Desa Sodong Mesuji, Kabupaten Oki Sumatera Selatan.

Tim juga akan memanggil pembuat kebijakan di Mesuji yakni pihak perkebunan, kehutanan, dan kepolisian. "Siangnya kami akan bertemu dengan pembuat kebijakan," ujar Denny yang juga Wakil Menteri Hukum dan HAM ini.

Kasus Mesuji menjadi perhatian saat petani mengadu ke Komisi III Bidang Hukum DPR. Dalam pengaduan itu, warga juga menampilkan video pasca-bentrokan antara perusahaan dengan warga, dengan kondisi mayat korban yang mengenaskan.

Salah satu video menampilkan kondisi korban bentrokan tak terelakkan dan menyebabkan dua warga tewas serta lima dari pihak PT SWA tewas. Dari lima orang yang tewas dari PT SWA itu, dua di antaranya dengan kondisi kepala terpenggal.

Sementara, Komisi III DPR akan segera membentuk panitia kerja penegakan hukum soal pertanahan, perkebunan, dan kehutanan (Panja Pertanahan), untuk menindaklanjuti kasus Mesuji.

Tak menutup kemungkinan, Panja Pertanahan ini akan bertransformasi menjadi panitia khusus gabungan lintas komisi, dengan menggandeng Komisi II dan Komisi IV. (umi)

3.364 Warga Korban Erupsi Gunung Ruang Sudah Dievakuasi dari Tagulandang
Pj wali kota tangerang Nurdin bersama para pelajar

Peringati Hardiknas, Para Pelajar Mengikuti Program 'A Day In My Life Jadi Wali Kota Tangerang'

Banyak ide menarik dari para pelajar.

img_title
VIVA.co.id
4 Mei 2024